infobatik.id

Sejarah Motif Batik Jember

0 10

Sejarah Motif Batik Jember

Kabupaten Jember begitu terkenal sebagai salah satu produsen tembakau terbesar di Indonesia, hingga tidak heran jika masyarakat setempat punya ide kreatif dengan mengabadikannya dalam selembar kain batik tulis yang selanjutnya kita sebut saja batik Jember. Daun tembakau yang memiliki julukan daun emas, digoreskan diatas sehelai kain katun menggunakan canting hingga membentuk pola yang beraturan mengacu pada konsep bebas-kontemporer guna menghasilkan selembar kain batik tulis Jember yang khas dan mengakar pada kultur atau budaya masyarakat Jember.

Kegiatan membatik di Jember ini sudah ada sejak jaman Belanda atau saat batik Van Zuylen aka batik pekalongan populer di eropa. Sejarah tidak pernah mencatat kapan awal mula kegiatan membatik di kota Jember ini, tapi yang jelas mulai tahun 2010 produsen batik Rolla mengangkat kembali motif batik Jember yang pada akhirnya ditahbiskan menjadi batik Jember. Motif batik Jember buatan mereka tidak lagi mengikuti tata aturan motif batik seperti pada motif batik Solo, batik Jogja maupun batik Pekalongan namun lebih mengarah suatu motif yang bebas dan kontemporer.

Secara turun temurun motif batik daun tembakau mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar selalu menjadi komponen utama dalam membuat motif-motif batik kombinasi terbaru guna memenuhi selera pasar yang beragam oleh perajin batik di Kecamatan Sumberjambe tersebut.  Sebagian besar perajin batik di desa sumberpakem adalah perempuan disamping sebagai buruh tani. Sekitar 33 motif batik tulis pernah dipamerkan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Jember melalui salah satu situs jejaring sosial media, diman tujuh motif batik diantaranya didesain langsung oleh ibu Sri Wahyuni yang merupakan istri dari Bupati Jember.

Source https://batik-tulis.com/ https://batik-tulis.com/blog/batik-jember/
Comments
Loading...