Sejarah Motif Batik Cirebon

0 65

Sejarah Motif Batik Cirebon

Cirebon adalah salah satu wilayah di Jawa Barat yang aktif dalam menghasilkan dan mengembangkan kerajinan batik. Motif batik yang dihasilkan berbeda dengan yang lain, sangat unik dan khas. Ada dua jenis batik yang berkembang di daerah Cirebon yaitu batik Pesisiran dan juga batik Keraton dari kraton Kasepuhan dan kraton Kanoman.

Motif batik Cirebon motif kraton biasanya memiliki arilan motif klasik seperti motif Paksinaga Liman, Megamendung, Patran Keris dan lainnya. Sedangkan motif batik Cirebon pesisiran biasanya memrefleksikan karakter dari masyarakan pesisiran pada umumnya yang biasanya lebih terbuka dan menerima kebudayaan dari daerah lain karena letaknya yang dekat dengan pelabuhan tempat singgahnya kapal – kapal orang luar.

Ada beberapa versi mengenai perkembangan kesenian batik di daerah Cirebon. Yang pertama adalah kesenian membatik di Cirebon ini biasanya dikerjakan oleh para anggota tarekat yang juga mengabdi di kraton Cirebon. Mereka membatik sebagai sumber pencaharian yang hasilnya digunakan untuk membiayai kegiatan – kegiatan kelompok tarekat tersebut. Konon katanya pusat gerakan tarekat ini berkaitan dengan gerakan yang sama di daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Versi lain ada juga yang mengatakan seprang pengikut setia dari Sunan Gunung Jati yaitu Ki Gede Trusmi memiliki peranan penting dalam perkembangan kebiasaan membatik di daerah Cirebon ini. Ia membatik sembari mengajarkan ajaran agama Islam pada abad ke 16 di sebuah desa di Cirebon yang disebut desa Trusmi. Hingga saat ini, desa Trusmi ini sudah dikenal sebagai salah satu Kampung Batik dan menghasilkan kerajinan Batik Trusmi.

Source http://khairunnas.com/ http://khairunnas.com/motif-batik-cirebon/
Comments
Loading...