Sejarah Lahirnya Motif Batik Khas Kulon Progo Geblek Renteng

0 599

Sejarah Lahirnya Motif Batik Khas Kulon Progo Geblek Renteng

Berbagai wilayah di seluruh Indonesia telah memiliki dan sudah mengembangkan motif batik sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing, yang dijadikan identitas daerah, seperti Motif Batik khas Pekalongan, Cirebon, Solo dan lain-lain. Kulon Progo merupakan salah satu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah memiliki motif batik khas tertentu, tetapi belum diketahui secara umum siapa pencipta motif-motif tersebut dan selama ini belum menjadi ikon khas daerah. Perkembangan batik dengan berbagai corak motif yang ada, maka muncul gagasan untuk  dapat menciptakan dan memunculkan corak ragam baru Motif Batik khas Kulon Progo yang dapat memperkaya nuansa batik dan menjadi jati diri Batik Kulon Progo serta dapat diteima oleh masyarakat segala golongan.

Ide untuk dapat memunculkan corak batik khas kulon Progo ini disampaikan oleh Bupati Kulon Progo saat Audiensi FORMI (Federasi Olahraga rekreasi masyarakat Indonesia) Kabupaten Kulon Progo di ruang kerja Bupati pada tanggal 8 Desember 2011 dan akan ditindak lanjuti  dengan mengadakan Lomba Desain Motif batik Khas Kulon Progo. Lomba Desain Motif Batik Khas Kulon Progo Tingkat Nasional di umumkan secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo pada tanggai 1 Februari 2012.

Tujuan utama diselenggarakannya Lomba Desain Motif Batik Khas Kulon Progo adalah :

  1. Melestarikan dan mengembangkan seni budaya batik.
  2. Menggali ide kreatifitas dan apresiasi masyarakat dalam merancang motif batik.
  3. Meningkatkan kecintaandan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian budaya batik.
  4. Menciptakan corak ragam batik baru bermotifkan kekhasan Kabupaten kulon Progo sebagai jatidiri batik Kulon Progo.
  5. Meningkatkan promosi batik
  6. Memajukan industri batik di Kulon Progo, dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Lomba ini ditutup dan diikuti oleh 304 peserta dari berbagai daerah dan menghasilkan 392 karya desain motif batik. Setelah semua karya terkumpul dilaksanakan proses penjurian dengan melihat, mencermati dam mempelajari filosofi motif batik, dan menghasilkan 6 karya nominasi. tahap penjurian ini juga melibatkan perajin batik untuk memberikan masukan, terutama masukan terhadap karya desain apabila diaplikasikan menjadi kain batik.

Berdasarkan penilaian oleh dewan juri ada beberapa nominasi desain batik antara lain dengan judul; Kulon Progo Binangn, Angguk Putri, Manggis, Ceplok Kulon Progo dan Geblek Renteng. Dari beberapa desain tersebut terpilihlah “Geblek Renteng” sebagai nominator terbaik motif baru batik khas Kulon Progo, dan diumumkan secara resmi melalui berbagai media pada Minggu, 6 Mei 2012. Mulai saat itu Motif Geblek Renteng diperkenalkan, disosialisasikan, diproduksi dan dipasarkan kepada masyarakat luas serta dijadikan motif khas asli Kulon Progo dan merupakan salah satu ikon Kabupaten kulon Progo.

Source Sejarah Lahirnya Motif Batik Khas Kulon Progo Geblek Renteng Batik
Comments
Loading...