Sejarah Kampung Batik Lumajang

0 133

Sejarah Kampung Batik Lumajang

Sejarah Batik Lumajang bermula dari kegemaran Bapak Munir untuk membuat batik sendiri. Beliau bertempat tinggal di Dusun Bentengrejo, Desa Kunir Kidul Kabupaten Lumajang, kemudian Bentengrejo sekarng ini terkenal dengan Kampung Batik Lumajang. Pak Munir, seorang guru yang mengajar di salah satu SD di kecamatan Kunir. Berawal dari latar belakangnya yang memang hobi membatik, maka dia mengajak pumuda dan masyarakat untuk membentuk kelompok batik Makarti Jaya yang kini sudah mempunyai 8 kelompok usaha yang terus berkembang.

Keahlian yang didapatkan oleh Bapak Munir dari pengalaman membuat motif batik selama di Sidoarjo, yakni kampung halaman aslinya sebelum pindah di Lumajang. Beliau mengembangkan motif khusus yang dirasa mewakili ke khasan Lumajang. Corak yang paling banyak adalah warna Turqoise, warna alami dari tumbuhan Manggis maupun Pisang, warna khas yang diakuinya mewakili Lumajang.

Untuk motif antara lain; pisang, burung penglor, gelombang, dan sulur. Kini Batik Lumajang telah dikenal oleh masyarakat, mulai dari penduduk kampung sekitar hingga beberapa Pejabat Lumajang . Sebut saja Bapak DR H Sjahrazad Masdar, MA Bupati Lumajang yang dalam beberapa foto dan kehadirannya menggunakan batik khas Lumajang ini. Semoga dengan demikian Batik Lumajang dapat dengar cepat terkenal. Harga Batik Lumajang dibanderol dengan mulai harga dari Rp. 150 ribu hingga jutaan. Hal tersebut tergantung motif, warna dan jenis kain. Kami juga menyediakan batik cap yang harganya bisa lebih murah.

Source https://batiklumajang.wordpress.com/ https://batiklumajang.wordpress.com/2011/08/17/sejarah-kampung-batik/
Comments
Loading...