Sejarah Batik Tulis Salem Sebelum Tahun 1960

0 24

Sejarah Batik Tulis Salem Sebelum Tahun 1960

Batik Salem atau Motif Batik Brebesan merupakan salah satu kekayaan asal Kabupaten Brebes, yang telah menjadi komoditas ekonomi warga Desa Bentarsari dan Desa Bentar Kecamatan Salem. Batik Brebesan yang saat ini terus bersaing merebut pasar nasional maupun internasional banyak dipengaruhi oleh budaya atau corak motif batik dari daerah lain.

Keberadaan batik tulis di Kecamatan Salem muncul sekitar tahun 1900-an berawal dari kedatangan putri pejabat Kota Pekalongan yang bernama Ibu Sartumi dari Wiradesa Pekalongan datang ke Salem, Brebes. Pada saat itu, sang putri jatuh cinta kepada pemuda Salem yang bernama Bapak Sutarso dari Desa Bentarsari Kecamatan Salem dan akhirnya mereka menikah dan menetap di Desa Bentarsari Kecamatan Salem. Dari kejadian tersebut akhirnya keberadaan batik mulai muncul di Desa Bentarsari dan akhirnya menyebar ke desa tetangga seperti Desa Bentar dan Desa Ciputih. Berkat perjuangan sepasang suami istri, batik tulis di Kecamatan Salem mulai dikembangkan.

Keahlian Ibu Sartumi dalam membuat batik tulis diperoleh dari keluarganya yang juga perajin Batik Pekalongan. Setelah beliau menetap di daerah Salem, beliau mulai mengajarkan cara membuat batik kepada masyarakat setempat dengan bahan dan peralatan seadanya, dari perkembangannya batik salem telah memunculkan berbagai motif, diantaranya Motif Kopi Pecah, Manggar dan Ukel dengan ciri khas warna hitam dan putih pada kain batiknya.

Source file:///C:/Users/User/Downloads/3887-Article%20Text-7958-1-10-20141017.pdf
Comments
Loading...