Sejarah Batik Tasikmalaya

0 371

Sejarah Batik Tasikmalaya

Daerah Sukapura yang terdapat di wilayah Tasikmalaya pada zaman dahulu merupakan sebuah pusat pemerintahan pada zaman kerajaan. Letak daerah ini berada di pinggir kota Tasikmalaya dan merupakan tempat yang penduduknya banyak berasal dari daerah Jawa Tengah. Para penduduk ini terpaksa pindah dari lokasi asli mereka di jawa Tengah dan mengungsi ke daerah Sukapura ini karena ada peperangan kerajaan di Jawa pada masa tersebut. Para pengungsi tersebut kemudian menjadi penduduk tetap di beberapa wilayah Jawa Barat seperti di daerah Ciamis dan juga di wilayah Tasikmalaya.

Para pengungsi merupakan para seniman batik yang ahli di daerahnya dan dengan keahlian mereka tersebut mereka melanjutkan proses pembuatan baju batik di tempat yang mereka tuju tersebut. Datangnya para pengungsi dan kemudian menetap di wilayah jawa Barat ini membuat seni batik juga mulai berkembang di wilayah ini. Pembuatan dan perkembangan seni batik ini juga terjadi di daerah Tasikmalaya dan juga di wilayah sekitar daerah tersebut. Kondisi alam dan lingkungan daerah Tasikmalaya yang berbeda dengan daerah jawa tengah yang merupakan asal dari seniman batik ini membuat para seniman batik ini kemudian membuat batik dengan menyesuaikan motif batik mereka.

Pembuatan motif batik di wilayah ini kemudian dibuat oleh para seniman batik ini dengan menggunakan karakter dan motif unik wilayah Tasikmalaya yang sangat khas. Batik Tasikmalaya pada masa kejayaannya sempat membuat daerah ini disebut sebagai pusat industri pembuatan baju batik yang ada di wilayah Jawa Barat. Sekarang ini para penduduk dan masyarakat Tasikmalaya mulai bangkit dan kembali berusaha membuat kota mereka dapat mengulangi masa jayanya dengan menjadikan seni batik ini sebagai produk yang menjadi  kebanggaan masyarakat Tasikmalaya ini.

Source Sejarah Batik Tasikmalaya Batik
Comments
Loading...