Sejarah Batik Sragen

0 265

Sejarah Batik Sragen

Kabupaten Sragen pada awal mulanya identik dengan Batik Surakarta, terutama di era 80-an, dan tak mengherankan, sebab para pionir kerajinan batik di Sragen umumnya pernah bekerja sebagai buruh batik di perusahaan milik juragan Batik Surakarta.

Pada zaman dahulu banyak juragan batik di Kota Solo yang memperkerjakan pembatik-pembatik yang berasal dari Sragen. Selain si pembatik asal Sragen yang kerja langsung ke pabrik juragan batik di Solo, Ada juga yang polanya sanggan yaitu membawa bahan batik dari juragan Batik Solo lalu dibawa pulang dan dikerjakan di rumah masing-masing di Sragen. Pada tahun 60-an ada beberapa perajin batik asal Desa Kliwonan dan Desa Pilang yang mencoba membuka usaha batik sendiri di rumah.

Ternyata usaha  yang dirintis mereka cukup berhasil, kemudian banyak tetangga-tetangga yang ikut mencoba membuka usaha batik. Pada tahun 1990-an eksistensi usaha batik ini semakin kuat, mengalami trend meningkat dan terus berkembang hingga sekarang ini. Para pembatik ini memiliki kemampuan membatik yang diturunkan dari para orang tua mereka, turun menurun dari generasi ke generasi, didesa ini banyak dilihat anak-anak kecil yang sudah bisa membatik.

Source http://makalahpendidikanseni.blogspot.co.id/ http://makalahpendidikanseni.blogspot.co.id/2015/01/artikel-batik-sragen-jawa-tengah.html
Comments
Loading...