infobatik.id

Sejarah Batik Sari Sumekar

0 23

Sejarah Batik Sari Sumekar

Sari Sumekar merupakan salah satu kelompok batik yang ada di desa Wukirsari, Imogiri, Bantul. Kegiatan membatik ini diwariskan secara turun temurun sehingga sebagian besar warga Wukirsari bisa membatik. Keistimewaan batik dari daerah ini adalah batik yang dihasilkan adalah batik tulis tangan, sehingga batik yang dihasilkan tersebut terlihat anggun dan elegan.

Sari Sumekar terletak di Dusun Karang Kulon, Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Memiliki pondok tepat di sebelah rumah kepala dukuh dusun tersebut. Kelompok Batik Tulis Sari Sumekar telah berdiri kurang lebih 3 tahun.

Terbentuknya kelompok ini karena tersedianya modal dari pemerintah, yaitu pembagian tunjangan kemanusiaan setelah gempa Yogyakarta. Penerimaan bantuan pemerintah tersebut awalnya pada tanggal 23 Oktober 2008 sebesar Rp 9.000.000, yang dijadikan modal awal berdirinya kelompok Batik Tulis Sari Sumekar dengan beranggotakan empat belas orang.

Kelompok ini memiliki laporan keuangan yang baik pada tanggal 08 November 2010 mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk dapat mengembangkan usanya, dengan pemberian dana kembali sebesar Rp 7.500.000 dan bertambahkan anggota sebanyak sembilan orang. Jadi hingga saat ini jumlah anggota kelompok Batik Tulis Sari Sumekar sebanyak 23 orang.

Perusahaan ini juga memperoleh modal dari LSM, Dompet Duafa dan paguyuban. Karena ada modal yang berasal dari paguyuban, maka kelompok Batik Tulis ini memiliki tanggung jawab untuk melaporkan kegiatan keuangan di Gazebo Giriloyo pada tanggal 2 setiap bulannya.

Source Sejarah Batik Sari Sumekar Batik
Comments
Loading...