Sejarah Batik Prada Emas

0 749

Sejarah Batik Prada Emas

Hal lain yang dikreasikan guna untuk mengistimewakan kain batik di lingkungan keraton selain keberadaan Motif Larangan adalah prada (perada) atau pinarada emas (lembar emas). Teknik ini merekatkan lembar emas murni pada kain batik dengan lem ikan Cina dicampur dengan air perendam abu buah jangkang atau kepuh. Di Kota Surakarta Batik Prada dipakai guna memperindah kain batik keraton berukuran besar yang disebut kampuh atau dodot. Bubuhan prada dalam Batik Surakarta sebatas garis luar corak dan isen-isen, sedangkan dalam Batik Yogyakarta dibubuhkan hampir di seluruh corak dan isen-nya dilapisi prada.

Batik Prada juga digunakan sebagai busana pasangan pengantin di pesta pernikahan sebagai tanda status istimewa mereka dalam perhelatan tersebut. Masa imperial Inggris pimpinan Thomas Stamford Raffles di Nusantara yang berlangsung sekitar dekade kedua abad ke-19 juga memengaruhi inovasi media batik. Kain batik yang semula hanya berupa hasil tenunan tangan kemudian memiliki alternatif lain dengan memakai kain katun halus impor dari Inggris. Kain inilah yang kemudian dikenal dengan mori. Dengan makin banyak dan praktisnya tekstil bahan batik maka makin cepat pula batik berkembang.

Setelah Nusantara jatuh lagi ke tangan penguasa kolonial Belanda, terjadi perang besar yang cakupannya meliputi hampir seluruh wilayah Jawa. Perang ini dikenal dengan sebutan Perang Jawa atau Perang Diponegoro (1825—1830). Banyak keluarga istana yang terdesak meninggalkan daerah kerajaan. Mereka mengungsi ke arah timur (Majan, Mojokerto, Tulungagung, Gresik, Surabaya, Madura) dan ada pula yang bergerak ke barat (Banyumas, Kebumen, Tegal, Cirebon, dan Pekalongan). Di daerah baru mereka mengembangkan lagi tradisi batik. Inilah yang kemudian menyebabkan perkembangan corak-corak batik baru. Yang khas dengan identitas sesuai lingkungan sosial masyarakat setempat.

Source http://batikakucinta.blogspot.co.id/ http://batikakucinta.blogspot.co.id/2016/01/batik-prada-emas.html
Comments
Loading...