Sejarah Batik Pisang khas Lumajang

0 1.445

Sejarah Batik Pisang

Zaman kerajaan  Majapahit, batik saat itu hanya digunakan oleh masyarakat sekitar kerajaan saja, lalu berkembang sampai kedaerah yang lain. Hingga saat ini banyak sekali daerah yang memproduksi batik ini dengan corak dan motif yang berbeda-beda dari masing-masing daerah. Setiap masing-masing daerah penghasil batik memiliki ciri khas yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.

Sekarang ini sudah banyak sekali corak dan motif batik yang sangat terkenal di dalam negri maupun di luar negri, seperti batik Pekalongan, batik Tulungagung, batik Banyumas dan lain sebagainya. Dari berbagai corak dan motif dari batik yang ada di setiap daerah, Lumajang tetunya tidak ingin ketinggalan. Lumajang juga memiliki batik dengan ciri khas asli lumajang dan tak kalah uniknya dengan batik yang ada saat ini.

Batik dari dari Lumajang ini dinamakan dengan Batik Pisang”. Sesuai dengan namanya, batik pisang ini memang memiliki motif dasar pisang asli Lumajang yaitu pisang agung. Pisang agung ini memiliki ukuran yang sangat besar sekitar 20-30 cm. Dasar pembuatan batik dengan motif pisang ini adalah untu mengembangkan kekhasan dari Kota Lumajang ini.

Batik pisang bermula dari seorang laki-laki dari Bentengrejo Kabupaten Lumajang yang memiliki kegemaran membuat batik. Dari sinilah tercipta sebuah batik dengan motif dasar pisang agung lumajang. Kemudian dia mengajak masyarakat sekitar untuk membuat perkumpuan membuat batik. Dan sampai sekarang, batik ciptaannya ini sudah berkembang kedaerah-daerah lain khususnya di kabupaten Lumajang.

Batik pisang Lumajang ini merupakan salah satu produk terbaik yang ada di Lumajang dan menjadi kebanggan Kabupaten Lumajang. Batik pisang saat ini sudah dikembangkan dan sudah disebarkan keseluruh daerah, baik daerah di dalam Lumajang maupun Luar Lumajang.

Ciri khas dari batik pisang khas Lumajang ini adalah Motif-motifnya berdasar pisang yang berbeda dengan batik dari daerah lain. Batik pisang Lumajang ini juga memiliki bahan baku yang bagus dan cara pengerjaannya juga dilakukan secara kreatif dan sangat telliti oleh orang-orag yang sudah ahli dalam membatik.

Source Sejarah Batik Pisang khas Lumajang Batik Lumajang
Comments
Loading...