Sejarah Batik Piring Selampad

0 544

Sejarah Batik Piring Selampad Motif Batik Langka Dari Cirebon

Batik Piring Selampad termasuk dalam motif  batik pesisiran berasal dari Cirebon. Ide awalnya berasal dari susunan piring porslen China yang dipakai sebagai hiasan dinding Astana Gunung dari Keraton. Batik Pesisiran mendapat banyak pengaruh budaya dari luar mengingat pada abad ke-16, Cirebon merupakan sebuah pelabuhan yang ramai dikunjungi pedagang dari Timur Tengah dan China.

Jika dilihat dari sejarahnya Batik Piring Selampad telah hadir sejak ratusan tahun lalu, tapi keberadaan batik ini semakin hilang termakan zaman. Bagi kolektor dan pencinta batik, Batik Piring Selampad memiliki filosofi yang sangat mendalam. Seperti halnya seniman, pembatik pun dalam setiap karyanya terdapat passion.

Piring Selampad merupakan alas makan untuk meletakkan makanan terbaik di atasnya. Ketika kaisar-kaisar China memberikan piring porselan sebagai hadiah kepada raja di Cirebon, itu bukanlah piring sembarangan.

Batik pada zaman dahulu juga dijadikan sebagai penanda peristiwa. Begitu pula dengan piring selampad. Ketika kaisar-kaisar China datang ke kerajaan Cirebon, para pembatik lokal memberikan tanda atau bentuk khas dari tamu yang datang. Fenomena pedagang dan kaisar China datang bawa hadiah kemudian mereka melukis piring selampad dalam batik. Piring selampad bukan sekedar penanda peristiwa, tapi juga ziarah batin bagi pembuatnya karena di dalamnya ada interaksi antara pembatik dengan piring selampad.

Ragam hias pada Batik Piring Selampad yang kemudian dipindahkan ke media kain telah berlangsung ratusan tahun namun tidak sepopuler Motif Mega Mendung yang bahkan dikembangkan oleh Iwan Tirta. Kini ada pelaku batik yang sedang berusaha mengangkat Motif Piring Selampad dengan membuat batik di atas kain katun, sutra, dan ATBM agar dikenal masyarakat lebih luas.

Source Sejarah Batik Piring Selampad Batik Langka
Comments
Loading...