Sejarah Batik Papua, Bentuk Keanekaragaman Batik di Indonesia

0 21

Cenderawasih, Tifa Honai, Kamoro, Sentani, dan AsmatTentu sudah dapat diterka bahwa kelima nama tersebut berasal dari Papua. Namun, tahukah kalian bahwa nama-nama tersebut adalah nama untuk motif batik. Papua juga memiliki motif batik sendiri. Memang masih asing mengetahui bahwa Papua memiliki batik, karena batik selalu diidentikan dengan Pulau Jawa, seperti megamendung, truntum, parang, atau pun kawung.

Batik Papua bermula ketika Pemerintah Indonesia mendapatkan bantuan dari United Nations Development Programme (UNDP) untuk program pemberdayaan kebudayaan di Indonesia bagian Timur pada tahun 1985. Dalam program pemberdayaan ini, pemerintah setempat secara khusus mendatangkan langsung pelatih batik dari Jawa, khususnya Yogyakarta. Perbedaan motif batik papua dengan jenis batik lainnya di Nusantara terletak pda motifnya. Jika motif Solo dan Jogja, biasanya dibuat simetris maka motif Papua justru kebalikannya. Motif batik Papua kerap dibuat asimetris dengan tambahan kombinasi warna cerah, membuat motif batik Papua terlihat lebih eksotis. Oia, perbedaan lainnya terletak pada penggunaan jenis motif yaitu batik Jawa lebih banyak mengandung simbolisasi dalam penggunaan jenis motif sedangkan motif batik Papua sebagian besar menampilkan kedekatan dengan unsur alam.

Source http://www.infobudaya.net/2017/10/batik-papua-bentuk-keanekaragaman-batik-di-indonesia/ http://www.infobudaya.net/
Comments
Loading...