Sejarah Batik Paoman Indramayu

0 41

Sejarah Batik Paoman Indramayu

Batik Indramayu sangat erat kaitannya dengan Batik Paoman. Nama Batik Paoman sendiri berasal dari nama salah satu nama daerah di kabupaten Indramayu yang jaraknya tidak terlalu jauh dati kota Indramayu yang bernama Paoman.
Batik Paoman juga sering disebut dengan Batik Dermayon. Batik ini mempunyai ciri khas pesisir yang meliputi gambar burung-burung pantai, tanaman pantai, karang laut, ikan, udang, cumi, perahu nelayan, dll. Hal ini dikarenakan posisi Kabupaten Indramayu yang berada pada pesisir laut Jawa dan budaya masyarakat pesisir yang umumnya mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan.
Menurut sejarah, Batik di Indramayu sendiri diperkirakan telah berlangsung sekitar abad ke 13 -14 dimana Pelabuhan Cimanuk pada saat itu adalah pelabuhan terbesar di Pulau Jawa dan Asia. Saat itu di Pelabuhan Muara Cimanuk menjadi tempat perdagangan antar bangsa di dunia. Pada saat itu banyak pengrajin dari Lasem (dari Jawa Tengah) yang datang ke Indramayu. Maka dari itu, Batik Paoman sangat kental dengan motif Batik Lasem yang banyak dipengaruhi dengan Batik Cina.
Source ochaneysa-rumahbatikindonesia.blogspot.co. http://ochaneysa-rumahbatikindonesia.blogspot.co.id/2012/01/batik-paoman-indramayu.html
Comments
Loading...