Sejarah Batik Palembang

0 1.627

Sejarah Batik Palembang

Sejarah Batik Palembang berasal dari Jawa sekitar 100 tahun yang lalu dengan motif yang sudah beradaptasi dengan Kota Palembang. Batik Khas Palembang ini memiliki keunggulan yang tak kalah menarik dengan batik lain. Palembang memiliki motif yang mengikuti syariat Islam yaitu tidak menggunakan gambar binatang dan manusia. Motif Batik Palembang adalah Motif Bunga Teh dan Motif Lasem yang dihiasi garis simetris dan berbagai simbol tanaman sedangkan Motif Bunga Teh kainnya dipenuhi dengan gambar bunga teh segar. Contoh Motif Batik Palembang yang lain adalah Motif Songket Kerak Mutung Jukung, Kembang Jepri, Sisik Ikan, Motif Jumputan Gribik Encim, Kembang Bakung Sembagi dan lain-lain.

Proses pembuatan pada Batik Palembang sedikit berbeda dengan pembuatan batik di Pulau Jawa. Di Pulau Jawa kain yang akan dibatik cukup disampirkan kemudian dibatik tetapi kalau Batik Palembang kainnya dibentangkan dengan kencang baru kemudian dibatik adanya. Batik Palembang dibuat dengan dua cara dicap dan ditulis sama dengan teknik membatik. Saat ini juga dikembangkan batik dengan teknik printing modern.

Palembang menggunakan bahan sutra organdi jumputan katun. pewarnaan menggunakan warna cerah khas Melayu seperti merah kuning dan hijau. Memang tidak mudah untuk menemukan pebatik khas Palembang yang mau menggunakan media canting atau menulis kain sehingga jadi batik saat ini. Pihak Kesultanan Palembang berupaya melestarikaan kekayaan seni dan budaya peninggalan nenek moyang mereka tersebut, tentunya dengan menggali dan mengumpulkan serta memproduksi kembali batik tulis.

Source Sejarah Batik Palembang Batik
Comments
Loading...