Sejarah Batik Ngawi

0 651

Sejarah Batik Ngawi

Berbagai batik khas dari daerah bermunculan dan mereka semakin mengenalkan batik khas daerah masing-masing, begitu juga dengan Kabupaten Ngawi. Salah satu produk unggulan Kabupaten Ngawi yaitu Batik Ngawi. Ada berbagai Motif Batik Ngawi, motif-motif tersebut merupakan ciri khas dari ornamen-ornamen Kabupaten Ngawi. Ngawi dengan slogan ‘Ramah’ ini memang memiliki kekayaan dan keindahan yang beragam. Kekayaan alam dan budayanya menjadi salah satu inspirasi bagi para pengrajin Batik Ngawi untuk memuat motif yang indah.

Sejarah Batik Ngawi berawal dari kegiatan membatik sejak zaman nenek moyang. Pada awalnya, kegiatan membatik hanya pekerjaan sampingan tapi sekarang membatik mulai menjadi pekerjaan utama bagi kaum ibu di sentra kerajinan Batik Ngawi yang terdapat di beberapa lokasi, yaitu Desa Munggut, Kecamatan Padas, dan Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren. Desa lain juga ada yang mulai menggiatkan membatik yaitu Desa Jenggrik dan Desa Gentong. Selain melestarikan budaya bangsa, membatik juga memberikan penghasilan tambahan yang lumayan guna membantu perekonomian warga.

Motif Batik Ngawi dibedakan menjadi dua yaitu batik motif yang dibuat di Desa Munggut, Kecamatan Padas dan Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren. Merupakam hal yang sangat membanggakan bagi warga Ngawi, karena memiliki batik dengan corak khas dan menarik. Ngawi terkenal dengan wisatanya seperti, Benteng Pendem, wisata edukasi Museum Trinil, ataupun Kebun Teh Jamus, dan masih banyak lagi. Selain itu terkenal dengan sebutan kota bambu, karena karena daerah ini terletak di sekitar pinggir Bengawan Solo dan Bengawan Madiun yang banyak ditumbuhi bambu.

Source Sejarah Batik Ngawi Batik
Comments
Loading...