Sejarah Batik Nganjuk

0 199

Sejarah Batik Nganjuk

Sejarah Batik Nganjuk lahir dari ide kreatif para seniman anjuk ladang saat membuat inovasi karya seni berupa batik. Inovasi karya seni yang dituangkan dalam bentuk batik dimaksudkan untuk melestarikan budaya asli miliki Indonesia, khususnya yang berada di daerah Nganjuk. Batik Nganjuk merupakan salah satu bentuk seni budaya yang berada di kota nganjuk secara turun temurun, Batik Nganjuk banyak diminati dan populer dengan konsumen lokal dan internasional. Dengan bentuk khas dan motif Batik Nganjuk memiliki keunikan sendiri untuk konsumen.

Berbagai keunikan dari Batik Nganjuk proses pembuatannya masih dilakukan dengan proses tradisional. Kebanyakan orang mengenal Batik Nganjuk dengan karakter yang kuat, yang dicirikan oleh bebas, dengan warna yang berani (biru, kuning, coklat muda, merah, dan tosca). Tapi jarang yang mengetahui bahwa batik nganjuk mungkin sudah banyak motif dan paling terkemuka di berbagai pasar-pasar batik di indonesia.

Tradisi mengenai kain batik yang tertanam cukup kuat di kalangan masyarakat Nganjuk yang membuat budaya membatik dan memakai kain batik terpelihara dengan baik di kalangan mereka. Bahkan ketika kain batik belum sepopuler seperti dewasa ini, masyarakat nganjuk tetap memproduksi dan mengenakan pakaian batik, karena batik merupakan bagian dari adat dan budaya mereka sehari-hari. Kini ketika kain batik sudah begitu populer dan memasyarakat, para perajin dan pengusaha batik di nganjuk semakin semangat dalam memproduksi kain batik.

Source Sejarah Batik Nganjuk Batik
Comments
Loading...