infobatik.id

Sejarah Batik Majalengka

0 56

Sejarah Batik Majalengka

Kota Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat, kini mempunyai ikon batik yaitu Batik khas Majalengka. Majalengka ingin mengembangkan batik yang menunjukkan ciri atau identitas budaya lokalnya yang khas. Budaya batik di Majalengka ini dipelopori oleh Hery Suhersono, seorang seniman bordir. Ia menciptakan Batik Majalengka terinspirasi pada keadaan alam seperti hewan dan tumbuhan, artefak-artefak sejarah, kultur, potensi daerah, serta cerita rakyat ataupun legenda yang hidup di kalangan masyarakat Majalengka. Semua hal itu tertuang dalam motif batik yang menggambarkan budaya lokal Majalengka.

Motif yang didesain dalam batik ciri khas kota ini diambil dari sejarah para leluhur Majalengka. Didalam motif batik khas Majalengka ini terdiri dari beberapa gambar seperti kujang, mahkota, dan buah maja masing-masing mempunyai arti tersendiri. Seperti lambang kujang yang merupakan lambang dari kerajaan Padjadjaran, pada waktu itu kerajaan Sindangkasih memiliki hubungan erat dengan kerajaan padjadjaran dimana putra mahkota kerajaan Padjajaran mempersunting purti dari kerajaan sindangkasih. Mahkota sendiri merupakan mahkota Simbarkencana yang dikenakan ratu dari kerajaan Singdangkasih. Sementara buah Maja merupakan salah satu buah yang menjadi kekhasan kerajaan sindangkasih, yang sekarang dijadikan sebagai nama Kabupaten Majalengka.

Motif Batik Majalengka yaitu, Simbar Kencana, Nyi Rambut Kasih, Kota Angin, Gedong Gincu, dan Lauk Ngibing. Kesemua corak itu merupakan kekhasan dan produk asli Majalengka. Kelima motif batik ciptaan Herry Suhersono telah mendapatkan perlindungan hak kekayaan intelektual. Selain membuat batik, Herry juga terkadang menggabungkan batik dengan bordir, sehingga menghasilkan Batik Majalengka yang unik, bagus, menarik, dan artistik.

Batik Majalengka tak hanya dalam bentuk kain dan baju, batik khas Majalengka juga tersedia dalam bentuk kaos, hal tersebut mengikuti selera pasar yang ada. Masyarakat masih memandang batik itu sebagai sebuah pakaian yang formal bahkan kolot. Batik Majalengka tidak hanya menyediakan batik dalam model yang tradisional.

Source Sejarah Batik Majalengka Batik
Comments
Loading...