Sejarah Batik Madura

0 430

Sejarah Batik Madura

Batik Madura merupakan salah satu bentuk seni budaya yang muncul dari kearifan lokal dari masyarakat Madura, batik ini juga banyak diminati dan populer di kalangan konsumen lokal dan internasional. Dengan bentuk khas dan Motif Batik Tulis Madura memiliki keunikan sendiri untuk para konsumennya. Batik Madura memiliki gaya batik yang unik dan bebas, produksi batik dilakukan di unit pribadi dan masih mempertahankan produksi batik secara tradisional, yang ditulis dan diolah dengan cara tradisional.

Sejarah tentang Batik Madura tidak terlepas dari peran Kerajaan Pamelingan di Kabupaten Pamekasan, Madura. Kerajaan Pamelingan memiliki keraton bernama mandilaras yang menjadi pusat pemerintahan pada saat itu di bawah kendali Pangeran Ronggosukowati. Dilihat dari sejarahnya Batik Madura berkembang pada masa abad ke 16 sampai abad ke 17 masehi. Ketika terjadi peperangan di Pamekasan Madura antara Raden Azhar (Kiai Penghulu Bagandan) melawan Ke’ Lesap (putera Madura keturunan Cakraningrat I) tersiar kabar bahwa Raden Azhar mengenakan pakaian kebesarannya menggunakan model Batik Motif Parang atau Motif Batik Leres dalam istilah bahasa Madura.

Dalam sejarah mengatakan bahwa Raden Azhar adalah seorang ulama yang juga sebagai penasihat spriritual Adipati Pamekasan yaitu Raden Ismail (Adipati Arya Adikara IV). Salah satu tokoh yang dianggap penting dan paling berjasa memperkenalkan batik ke wilayah Madura yaitu seorang Adipati Sumenep, Arya Wiraraja yang memiliki kedekatan dengan Raden Wijaya dari kerajaan Majapahit.

Source Sejarah Batik Madura Batik
Comments
Loading...