Sejarah Batik Kawung, Motif Berumur 12 Abad

0 52

Batik Kawung adalah salah satu motif batik tulis kuno yang sangat tua dan memiliki sejarah yang panjang. Motif Kawung termasuk dalam kriteria motif-motif Ceplok (ceplokan, keplok). Ceplok sendiri adalah nama pola geometris yang repetitif yang tersusun atas pola berbentuk lingkaran seperti bunga mawar atau bintang.

Dalam penelitian mengenai motif-motif batik dan jejak peninggalannya dalam peradaban Jawa, salah satu temuan yang menarik bahwa pola serupa Kawung dapat ditemukan di dinding-dinding Candi-Candi Hindu kuno seperti Prambanan. Salah satu arca Ganesha yang ada disana bahkan memperlihatkan motif Lereng, Ceplok,dan Nitik yang cukup jelas yang dimana motif-motif tersebut memiliki hubungan yang amat kuat dengan perkembangan motif Kawung.

Mengingat bahwa Candi Syiwa Prambanan ini sudah mulai dibangun sekitar abad ke-9, dapat kita tarik kesimpulan bahwa masyarakat sebenarnya sudah mengenal motif ini jauh sebelum abad ke-17. Secara total motif ini telah ada dan tumbuh berkembang bersama masyarakat selama kurang lebih 12 Abad hingga saat ini.

Source https://www.pemoeda.co.id/blog/batik-kawung www.pemoeda.co.id
Comments
Loading...