Sejarah Batik Karawang

0 29

Sejarah Batik Karawang

Karawang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Di kabupaten Karawang terdapat banyak pabrik serta berbagai aktivitas industri lainnya. Geografi Karawang terdiri dari, daratan, laut, dan gunung. Sejak masa lalu Karawang menghasilkan beras karawang merupakan daerah lumbung padi. Daerah ini juga menyimpan sejarah tentang kerajinan batik sejak lama. Dulunya, Karawang sebagai kota yang memiliki pelabuhan perdagangan maka masyarakat penduduknya merupakan masyarakat migrasi dan uban dari Cina-Melayu Siam, maupun dari India.

Pada masa berikutnya telah berkembang turun-temurun menjadi penduduk asli. Awalnya batik dibuat oleh penduduk Cina pendatang yang telah menetap di Karawang. Batik Karawang dulunya dikenal dengan nama Batik Tarawang atau Batik Tarum. Pada 1928 silam, jenis batik ini sudah dibuat dan diikutsertakan dalam Pameran Batik Jawa di Amsterdam oleh seniman dan pelukis Belanda. Batik Tarawang atau Batik Tarum ini dibuat oleh keluarga Tan Tjeng Kwat, etnis Tionghoa yang warga Rengasdengklok. Tahun 1880, Batik Tarawang ini telah diproduksi oleh Ny. Vincen Hegen istri pelukis Raden Saleh.

Pada tahun 1931, Ir. PAI Mooyen, warga Belanda yang tinggal di Bandung, pernah juga mengadakan kegiatan pameran batik ke negara Hindia Belanda. Dia juga mengoleksi batik Tarawang atau batik Karawang ini. Koleksi batiknya berupa kain alas meja peribadatan yang biasa digunakan oleh penganut agama Budha yang disebut Tok Wi. Dan, koleksi batiknya insinyur dari negeri Kincir Angin inilah yang lalu jadi dasar bagi pengembangan dan produksi lebih lanjut.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-karawang/
Comments
Loading...