Sejarah Batik Kadilangu

0 220

Sejarah Batik Kadilangu

Pemerintah Kabupaten Demak merencanakan akan dibuat Batik Demak khas Kadilangu sebagai ikonnya. Selain sebagai ikon Visit Jateng, juga sebagai oleh-oleh bagi wisatawan atau peziarah yang berkunjung ke Desa Wisata Kadilangu. Untuk dapat merealisasikan rencana tersebut, pemerintah menunjuk kelurahan Kadilangu untuk diadakan pelatihan batik khas Demak pada awal 2011.

Dengan diadakannya pelatihan tersebut, salah satu peserta yang berhasil mengembangkan batik khas kadilangu adalah Ulfa seorang Mahasiswi UNTAG. Mulai berkarya batik dengan ayahnya yang awalnya hanya iseng mengikuti pelatihan untuk mengisi waktu liburan kuliah. Kemudian ayahnya juga tertarik untuk ikut dan mengembangkan bisnis batik khas Demak. Pengembangan Batik khas Demak, khususnya kadilangu untuk oleh-oleh para wisatawan dan peziarah makam Walisanga di Kadilangu. Selama ini belum ada oleh-oleh khas Kadilangu Demak dan untuk mengingatkan orang-orang dengan Kadilangu tumbuhan pace dan kemuning dituangkan dalam corak Batik Kedilangu karena di makam banyak tumbuh kemuning dan pace.

Motif Batik tersebut terinspirasi dari makanan khas pada jaman Sunan Kalijaga yaitu Caos Dhahar. Ada juga motif daun pace, cening (bunga kemuning yang digabung dengan daun pace), dan Loro Gendhing. Motif buat sendiri berdasarkan HAKI ada 4 yaitu sisik, jambu air, blimbing, dan ornamen yang ada di Masjid Agung Demak sudah di HAKI oleh Disperindag. Setelah selesai pelatihan para peserta mendapat bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan sendiri akhirnya membeli bahan-bahan dan produksi sendiri seperti sekarang. Mereka sudah mempu yai showroom, letakya tidak jauh dari makam sunan Kalijaga, tepatnya di depan kelurahan Kadilangu.

Harga kain batik disini mulai Rp.100.000,– sampai Rp. 1.500.000,– Bergantung warna dan proses pembuatan. Untuk ukuran mereka hanya membuat 2.10 m, ukuran itu dipilih karena mereka mengantisipasi pembeli yang mempunyai badan besar. Yang berbadan kecil atau kurus jangan takut kain batiknya tersisa, karena bisa dibuat gamis untuk yang perempuan.

Source Sejarah Batik Kadilangu Batik
Comments
Loading...