Sejarah Batik Indonesia pada Masa Perkembangan Islam

0 43

Sejarah Batik Indonesia pada Masa Perkembangan Islam

Perkembangan batik Indonesia pada masa perkembangan Islam, terutama di pulau Jawa, melaju dengan pesat melalui beberapa sentral batik, yang utamanya adalah kerajaan Mataram yang sangat giat mengembangkan wilayah.

Batik Indramayu

Batik klasik Indramayu mulai dikenal sekitar abad ke 13-14, yaitu pada saat kejayaan Kerajaan Manuk Rawa dengan pelabuhan terbesar di Pulau Jawa di muara Cimanuk. Kesenian Batik daerah ini kemudian mulai berkembang pada masa kerajaan Demak, dimana pada saat itu banyak pengrajin dari Lasem yang hijrah ke Indramayu. Hal ini menyebabkan batik Dermayon / Batik Paoman / Batik Indramayu memiliki corak yang hampir sama dengan Batik Lasem yang juga dipengaruhi oleh pedagang dari Cina.

Pengaruh selanjutnya datang dari Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung yang melakukan ekspansi kekuasaan ke arah Barat. Pada masa itu Sultan Agung memerintahkan para petani pemukim yang berasal dari Mataram untuk menetap di Indramayu.

Batik Cirebon

Batik Cirebon pada awalnya mungkin diperkenalkan pada saat runtuhnya kerajaan Pajang. Cirebon pada saat pemerintahan Sunan Gunung Jati merupakan pusat Kerajaan Islam sekaligus merupakan pelabuhan penting bagi jalur perdagangan lintas benua. Pola Batik Kraton Cirebon banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Cina antara lain tampak pada ragam pola mega dan wadasan.

Pada perkembangan berikutnya, beberapa pola tercipta dari pengaruh kerajaan Mataram yang diperkirakan terjadi karena adanya ikatan pernikahan antara Sultan Agung dengan putri kraton Cirebon.

Batik Mataram

Sejak masa Sultan Agung menjadi raja Islam pertama di Mataram (1613-1645), Corak Batik Mataram telah mendapat pengaruh dari kebudayaan Cina. Diceritakan bahwa Sultan Agung menggunakan Batik dengan motif burung Huk (phoenix). Pengaruh ini mungkin dimunculkan oleh para imigran suku minoritas Cina Selatan dan Tenggara. Perluasan pengaruh kraton Mataram terhadap kerajinan Batik daerah selanjutnya melahirkan ragam corak yang disebut dengan Batik Pengaruh Kraton.

 

Source https://stylebatiknusantara.wordpress.com/ https://stylebatiknusantara.wordpress.com/2014/09/29/batik-indonesia-sejarah-pada-masa-perkembangan-islam/
Comments
Loading...