Sejarah Batik Indonesia Dan Kecintaan Bung Karno Dengan Batik

0 49

Sejarah Batik juga gak bisa lepas dari Bung Karno. Masih dalam moment Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68, kali ini Medogh akan memberikan sedikit cerita sejarah. Sejarah yang berhubungan dengan batik ini diambil dari okezone.com.

Motif Batik asli Indonesia muncul ketika Bung Karno meminta Go Tik Swan untuk membuat motif batik Indonesia yang berbeda dengan motif batik Solo,Yogyakarta atau daerah lainnya sekitar tahun 1960-an. Hal ini karena Bung Karno jatuh cinta dengan batik buatan Go Tik Swan (KRT Hardjonagoro) dari Solo. Motif Batik Indonesia ini lebih berwarna cerah bukan hanya coklat, biru dan putih seperti batik Solo dan Yogyakarta.

Semasa hidupnya, Go Tik Swan telah menciptakan lebih dari 200 motif batik. Selain dikenal sebagai pelopor Batik Indonesia, ia juga dikenal sebagai budayawan. Batik karyanya banyak yang menjadi koleksi museum-museum di Eropa, Amerika, Australia, dan kolektor batik.

Beberapa motif batik yang diciptakan Go Tik Swan antara lain Sawunggaling, Kuntul Melayang, Sedebyah serta Parang Anggrek. Maka gak salah jika Go Tik Swan dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional dan mendapatkan penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Saat ini Medogh melanjutkan cita-cita para pahlawan dengan mengembangkan batik dalam fashion jaket, kemeja dan lain-lain. Semoga dengan dikukuhkannya batik sebagai warisan budaya dunia milik Indonesia, batik menjadi salah satu kebanggaan Indonesia.

Source http://www.medogh.com http://www.medogh.com/blog/artikel-batik/sejarah-batik-indonesia-dan-kecintaan-bung-karno-dengan-batik/
Comments
Loading...