Sejarah Batik Di Trupark Museum Cirebon

0 109

Sejarah Batik Di Trupark Museum Cirebon

Batik menjadi bagian dari catatan panjang sejarah perkembangan peradaban Cirebon. Warisan seni tersebut menjadi bagian dari daya tarik wisata di Pantura Jawa Barat.

Trusmi Park (Trupark) Museum menjadi salah satu lokasi tepat untuk mengetahui sejarah Batik Cirebon. Berada di kawasan BT Trusmi Grup Desa Trusmi Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon.

Di museum pengunjung diajak menikmati wisata sejarah dan pengetahuan tentang batik. Pengunjung akan mendapatkan sensasi berbeda ketika memasuki museum Batik Cirebon.

“Di dekat pintu masuk pengunjung diajak berkenalan dengan Cirebon lebih dahulu. Setelah itu ada 500 topeng Cirebon yang disusun secara artistik menggambarkan ciri khas lima karakter Topeng Cirebon,” ujar Guest Servis Trupark Museum Yosi Risdianto.

Dia menjelaskan konsep Trupark Museum Cirebon mengajak pengunjung untuk berwisata edukasi mengenaik batik. Selain itu, di dalam museum pengunjung bisa mengabadikan momen mereka dengan swafoto.

Pengunjung juga dapat menikmati suasana Kota Cirebon tempo dulu melalui foto yang dipamerkan. Setelah itu, pengunjung dapat melihat langsung bentuk dari cap batik.

Dia mengatakan, cap batik merupakan merupakan alat yang untuk membuat batik cap. “Ada juga pop art seni rupa yang dituangkan ke dalam patung manequin. Ada alat tenun, diorama dan lain sebagainya ada di Trupark Museum,” kata dia.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/regional/read/3862323/menikmati-sejarah-batik-di-trupark-museum-cirebon
Comments
Loading...