Sejarah Batik Demak

0 36

Sejarah Batik Demak

Kota Demak merupakan kota yang terkenal sebagai kota yang menjunjung tinggi nilai Islam. Pada zaman dahulu Kota Demak pernah berdiri kerajaan Islam yang pertama di Indonesia dan merupakan kerajaan yang cukup besar dan sangat berjaya. Kerajaan Islam pertama di Kota Demak ini merupakan kerajaan yang dibuat atau didirikan oleh Raden Patah. Wilayah Demak yang berada di daerah pantai pulau Jawa membuat kota ini juga menjadi pusat perdagangan di Nusantara. Demak pada masa dahulu memiliki sebuah pelabuhan dagang besar yang sangat sering dikunjungi oleh para pedagang dari daerah lain atau para pedagang yang berasal dari negara lain.

Banyaknya pedagang tentu saja membuat budaya di daerah Demak ini banyak mendapatkan pengaruh dan hal ini terlihat pada berbagai macam kesenian dan juga kerajinan yang dibuat oleh para seniman di Demak. Salah satu kesenian dan juga kerajinan yang mendapatkan banyak pengaruh adalah batik. Sifat Batik Pesisir yang sangat terbuka terhadap berbagai macam pengaruh budaya membuat motif batik daerah ini sangat beragam dan juga indah. Motif Batik Pesisir memang jenis batik yang mengutamakan keindahan dan tidak memiliki aturan khusus dalam pembuatan motif atau batiknya. Seni batik yang ada di daerah Demak ini sebenarnya telah berusia sangat lama dan bermula pada sekitar enam abah yang lalu.

Dengan terjadinya perpindahan Kasultanan Demak Bintoro ke wilayah Pajang membuat seni batik di daerah ini secara perlahan menghilang dan mulai dilupakan. Batik di daerah Demak ini pada sekitar tahun seribu sembilan ratus dua puluhan memiliki jenis batik yang sering disebut dengan nama Batik Sisik. Motif Batik Sisik ini merupakan sebuah industri batik skala rumah yang sangat terkenal dan cukup menonjol di daerah Demak. Seni pembuatan baju batik di daerah Demak ini memiliki pusat kegiatan yang terdapat di daerah Wedung. Namun seni pembuatan batik di wilayah ini telah lama menghilang karena minimnya minat para generasi penerus batik di daerah ini untuk melanjutkan usaha keluarga tersebut.

Source http://bibolbatik.blogspot.co.id/ http://bibolbatik.blogspot.co.id/2015/12/sejarah-batik-demak.html
Comments
Loading...