Sejarah Batik Cimahi

0 91

Sejarah Batik Cimahi

Batik Cimahi memiliki keunikan dari motifnya, yaitu motif yang diambil dari beberapa daerah yang menjadi khasnya Kota Cimahi, warna yang berani pun menjadi alasan pembeda Batik Cimahi dengan batik daerah lain. Batik Cimahi pertama kali dirintis oleh pemilik Lembur Batik Cimahi yaitu Ibu Ria Triwanto dan suaminya Bapak Triwanto dan melahirkan lima motif khas Batik Cimahi pertama yang terdiri dari Motif Kujang, Motif Ciawitali, Motif Cireundeu, Motif Curug Cimahi, dan Motif Pusdik.Motif ini masuk untuk semua usia, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Batik Cimahi muncul pada awal bulan Juni Tahun 2009 di Lembur Batik Cimahi sendiri dan berharap kedepannya Batik Cimahi dalam perkembangannya akan terus maju dan dapat menjadi sumber pendapatan kota Cimahi. Batik Cimahi ini sendiri dipakai dalam acara-acara pernikahan,seragam sekolah, dan seragam kerja.Pemerintah sendiri tidak memberikan bantuan langsung dalam bentuk biaya kepada lembur Batik Cimahi untuk meningkatkan promosi batik Cimahi, namun pemerintah sering mengadakan pameran batik untuk meningkatkan kelestarian dari Batik Cimahi itu sendiri.

Batik Cimahi ini sendiri diproduksi langsung di Lembur Batik Cimahi, dan sudah didistribusikan ke luar kota bahkan mancanegara, untuk di luar kota sendiri batik Cimahi sudah sampai ke Jakarta, Karawang, Makasar, Kalimantan,dan Papua, sedangkan untuk mancanegara Batik Cimahi sudah sampai ke Hongkong, Thailand dan Singapura, sedangkan untuk promosi nya sendiri Batik Cimahi mempunyai website yang dapat dijangkau oleh semua orang di dunia.

Source http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/651/jbptunikompp-gdl-vincnsiusa-32518-10-unikom_v-i.pdf
Comments
Loading...