Sejarah Batik Bogor

0 1.399

Sejarah Batik Bogor

Sejarah Batik Bogor Tradisiku didirikan tanggal 13 Januari 2008 atas prakarsa Siswaya. Gagasannya membuat Batik Bogor Tradisiku yang terinspirasi dari ikon-ikon khas Kota Bogor ini bertujuan untuk melestarikan budaya batik dan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat Bogor terhadap Batik Bogor serta membawa nama harum Kota Bogor ke seluruh penjuru dunia.

Motif Batik Bogor terinspirasi dari sisa-sisa peninggalan Kerajaan Pakuan, benda-benda sejarah, fenomena alam, dan kebudayaan. Salah satu motif yang terkenal adalah Motif Kujang Kijang. Motif ini mengandung dua ikon kota Bogor, yaitu Kujang dan Kijang. Kujang merupakan senjata tradisional khas Sunda, sedangkan kijang merupakan hewan yang berada di Istana Bogor.

Kesenian batik merupakan kesenian gambar yang ditorehkan diatas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluaga raja-raja Indonesia pada zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.

Kota Bogor mungkin lebih terkenal dengan wisata kulinernya, namun kota yang dijuluki sebagai kota Hujan ini ternyata memiliki ciri khas lain yang perlu diperkenalkan lebih luas, yaitu Batik Khas Bogor. Meski belum sepopuler batik dari Solo atau Yogyakarta, Batik Bogor memiliki motif yang tidak kalah indah. Batik Bogor ini sekilas terlihat tidak ada bedanya dengan batik lainnya, karena teknik pewarnaan dan pembuatannya memang tidak jauh berbeda dengan batik yang berasal dari daerah lain.

Batik Bogor juga mempunyai motif unik lainnya seperti motif pisau kujang dan hujan gerimis. Motif Batik Bogor yang diaplikasikan dalam goresan batik merupakan sebagian besar simbol dari Kota Bogor itu sendiri. Motif kepala kijang merupakan cermin Istana Bogor, motif teratai menjadi simbol Kebun Raya Bogor, pisau kujang sebagai lambang kota Bogor dan motif hujan gerimis sebagai sebutan kota Bogor.

Source Sejarah Batik Bogor Batik
Comments
Loading...