Sejarah Batik Bekasi

0 524

Sejarah Batik di Bekasi

Batik Indonesia resmi diakui UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) dengan dimasukkan ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-benda pada tanggal 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi.

Sejarah batik di Bekasi telah ada sejak tahun 1892, ironisnya kini batik Tarawang sudah dihak patenkan menjadi batik Karawang. Pada akhirnya pada tanggal 10 Maret 2014, Kota Bekasi secara resmi mendaftarkan pakem motif batik pada Ditjen HAKI. Sehingga diharapkan dapat memotivasi dan mengangkat harkat dan martabat para pelaku kerajinan batik dan mendukung usaha guna meningkatkan kesejahteraan rakyat. Komunitas Batik Bekasi (KOMBAS) tumbuh dan berkembang menjadi penggagas kemunculan dan diakui secara nasional sebagai identitas Bekasi yang menjadi salah satu kebudayaan yang bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat di Bekasi.

Ada Komunitas Batik Bekasi berdiri pada tanggal 2 Oktober 2009 yang bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional,  berdirinya Komunitas Batik Bekasi berawal dari  kegelisahan selama ini bahwa di bekasi belum mempunyai ciri khas asli bekasi. Selain itu, berdasarkan sejarah bahwa pada masa kolonial belanda di bekasi telah mempunyai batik. Komunitas Batik Bekasi  melibatkan berbagai unsur masyarakat, yaitu budayawan, sejarahwan, akademisi, mahasiswa, maupun pelajar. Kegiatan – kegiatan yang telah dilakukan Komunitas Batik Bekasi seperti, seminar, workshop, pelatihan, dan pameran.

Source Sejarah Batik Bekasi Batik
Comments
Loading...