Sejarah Batik Bantul

0 544

Sejarah Batik Bantul

Bantul merupakan salah satu daerah yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan seni kerajinan batik.  Awal mula kerajinan batik tulis di daerah Bantul ini konon bersamaan dengan pendirian komplek pemakaman Raja Mataram di wilayah Imogiri di abad ke 16.
Pembuatan makam raja di wilayah Bantul ini menjadi awal mula hubungan antara masyarakat daerah Bantul ini dengan pihak keraton. Pada masa itu keraton membutuhkan tenaga yang dapat memelihara dan juga menjaga makam Raja tersebut. Hal ini membuat keraton akhirnya memberikan tugas abdi dalem kepada penduduk di lingkungan tersebut.
Keterampilan membuat batik yang dimiliki oleh para abdi dalem keraton tersebut kemudian dipelajari oleh penduduk wilayah Bantul, dan mereka membuat batik untuk memenuhi kebutuhan batik Keraton. Keahlian masyarakat Bantul membuat motif batik halus khas keraton ini berkembang dengan baik terutama pada penduduk yang berada di wilayah Giriloyo.
Keahlian membuat batik ini kemudian menjadi seni yang di wariskan secara turun temurun dalam masyarakat Bantul. Keahlian masyarakat Bantul dalam membuat motif batik keraton ini memancing kreativitas masyarakat daerah tersebut untuk menciptakan motif batik khas Bantul yang dapat dipakai secara bebas.
Pada masa lalu, beberapa motif batik keraton memang hanya diperuntukkan kepada para bangsawan dan keluarga Raja. Keinginan para pengrajin batik untuk ikut juga memakai baju batik, membuat mereka menciptakan motif batik khas dari Bantul.
Hasil karya seni batik yang mereka buat, merupakan motif dan pola batik yang tumbuh dan muncul dari kreativitas penduduk Bantul. Pada masa itu sebagian besar penduduk Bantul merupakan petani sehingga motif batik yang mereka buat kebanyakan memiliki pola tanaman,bunga, burung dan lain sebagainya yang berhubungan dengan alam sekitar.
Source Sejarah Batik Bantul Batik Bantul
Comments
Loading...