Santri Ciptakan Motif Batik Baru di Kain Sepanjang 1 KM

0 135

Santri Ciptakan Motif Batik Baru di Kain Sepanjang 1 KM

Memperkenalkan batik tulis sebagai kain tradisional khas Indonesia, ratusan santri Pondok Pesantren Al-Mumtaz Patuk, Gunungkidul, DIY, menggelar acara membatik pada kain putih sepanjang 1 km. Selain membatik mereka juga menciptakan kreasi baru jenis batik. Ada sekira 500-an anak-anak usia belasan tahun dari TK hingga SMP sejak pagi asyik memegang canting yang berisi lilin, mengikuti pola dalam kain putih selebar 1 meter dan sepanjang 1 km di sekitar pesantren. Mereka membatik motif baru yang diciptakan pesantren yakni motif Gaplek, yang berarti Gerakan Anak Pesantren lakukan Ekonomi Kreatif. “Ide motif batik ini berasal dari kami sendiri, dan nama gaplek merupakan salah satu icon khas Gunungkidul,”Kata pengasuh pondok pesantren Al-Mumtaz M Khoeron Marzuki.

Upaya pengenalan batik agar santri lebih semangat dan mandiri dalam mengembangkan usaha. Marzuki mengatakan akan mematenkan motif batik Gaplek, agar karya dari santri pondok pesantren diakui. Untuk mendukung kreasi satri, pesantren memiliki show room untuk memajang hasil kreasi. Ada sekitar 20-an santri yang sudah termasuk mahir dalam membatik, dan sebagian sudah diproduksi.

Sementara salah seorang Santri Bagus (9), mengaku senang ikut kegiatan membatik sepanjang 1 Km. Bupati Gunungkidul Badingah mengaku bangga dengan ketrampilan anak-anak dalam membatik. “Acara ini diharapkan bisa menumbuh kembangkan minat anak untuk membatik dan nantinya akan mencintai batik, khususnya khas Gunungkidul,” ujarnya. Dia berharap seiring perkembangan pariwisata Gunungkidul, batik ciptaan santri mampu bersaing dan diminati wisatawan.

Source https://news.okezone.com/ https://news.okezone.com/read/2014/06/16/514/999305/santri-ciptakan-motif-batik-baru-di-kain-sepanjang-1-km
Comments
Loading...