Sanggar Seblang Menjaga Batik Banyuwangi

0 166

Sanggar Seblang Menjaga Batik Banyuwangi Selama Empat Generasi

Kesetian untuk menjaga tradisi kuno membuat Sanggar Batik Seblang menjadi sanggar batik yang sangat spesial di Kabupaten Banyuwangi. Selama empat generasi, sanggar yang berada di wilayah Mojopanggung, ini setia menjaga motif kuno banyuwangian sehingga batik ini tetap langgeng di Bumi Blambangan.

Umi Sukaisih Indah sebagai generasi ke-empat Sanggar Batik Seblang memegang prinsip hanya memproduksi batik tulis. Umi tidak ragu untuk menolak pesanan batik cap dan sablon atau motif baru meski membuatnya untung dalam waktu yang cepat. Kepada setiap pelanggannya, Umi menegaskan, dirinya hanya menyediakan 20 motif kuno batik Banyuwangi karya leluhurnya. Motif-motif kuno diantaranya Sisik Papak, Kembang Lintang, Kopi Pecah, Kelabangan, Oling Paras Gempal, Kangkung Setingkes, Garuda Mungkur dan Galaran.

Dengan mengusung nama Seblang pada nama sanggar batik miliknya, Umi bercerita, jika keluarganya memang memiliki hubungan keluarga dengan penari Seblang Bakungan, khususnya Anjani, Penari Seblang Bakungan periode 1965-1986. Produk batiknya dijual dengan harga yang Rp. 500 ribu hingga Rp. 2,5 juta, tergantung tingkat kesulitan pada masing-masing motif, telah terkenal di kalangan pejabat dan turis asing. Umi mengaku dirinya mampu menjual 4 hingga 8 helai kain batik tulis dengan nilai transaksi Rp. 3 juta hingga Rp. 6 juta per bulan.

Source https://www.timesindonesia.co.id/ https://www.timesindonesia.co.id/read/133822/2/20161001/130808/sanggar-seblang-menjaga-batik-banyuwangi-selama-empat-generasi/
Comments
Loading...