infobatik.id

Sanggar Batik Katura

0 33

Sanggar Batik Katura

Sanggar Batik Katura terbentuk pada tahun 2007 yang terletak di Jalan Trusmi Kulon No.5 Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 Maret samapai 23 April 2011 didapatkan bahwa pemilik sanggar batik ini adalah Katura AR, seorang pria berusia 58 tahun yang sangat peduli dengan seni dan budaya khususnya batik. Bapak Katura adalah orang yang sangat peduli dengan batik, beliau sosok pengajar yang baik dan tak segan untuk membagi ilmu tentang batik. Bapak Katura (sebagai pemilik sanggar batik) merupakan generasi kedelapan dari kelurganya yang membuat batik.

Saat ini beliau telah berhasil mempertahankan dan melestarikan motif batik klasik Cirebonan sebanyak 412 motif. Beberapa motif batik asli yang mampu dipertahankan adalah Mega Mendung, Taman Arum, Naga Seba, Wadasan, Singa Payung . Bapak Katura yang mempunyai usaha batik Katura itu melakukan pengembangan inovasi motif dan penambahan ornamen-ornamen serta keserasian warna tanpa menghilangkan pakem asli batik Cirebonan. Beliau mendapat penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) atas pembuatan batik Tulis gambar Cerita Wayang Babad Alas Wanamarta Terbesar.

Sanggar batik Katura ini merupakan sebuah tempat untuk belajar membatik, setiap peserta yang belajar membatik akan diajarkan cara membuat batik dari awal hingga proses finishing. Sanggar batik Katura terbentuk dari sebuah toko batik mungil dan tempat orang-orang mencari informasi tentang batik khususnya batik Cirebon. Banyak yang mengunjungi sanggar untuk dapat membuat selembar kain batik hasil tangan sendiri, seperti wisatawan lokal maupun mancanegara. Peserta membatik akan didampingi oleh bapak Katura beserta para asisten yang telah dibekali oleh bapak Katura. Pembelajaran membatik dimulai dari sedikit pengenalan mengenai batik, kemudian Bapak Katura memberikan materi sambil peserta melakukan praktek membatik.

Source http://eprints.uny.ac.id/27625/1/Prasetyaningtyas%2C%2007207241013.pdf
Comments
Loading...