Rumus Matematika Jadi Kreasi Batik Laweyan

0 64

Rumus Matematika Jadi Kreasi Batik Laweyan

Teori matematika diaplikasikan sebagai dasar pembuatan pola batik, inovasi ini digagas oleh tim dari SMK Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Ide penerapan ilmu matematika tersebut berawal seiring populernya Kampung Matematika di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar.

“Bagaimana kita mengaplikasikan ilmu dan mengembangkan inovasi merupakan tujuan utamanya.¬†dari sini, ketika proses pembelajaran matematika dilangsungkan, harapannya ada contoh nyata bagaimana mengaplikasikannya di kehidupan,” tutur Kepala Sekolah SMK Ngargoyoso, Sri Eka Lelana.

Adapun empat orang guru dari SMK Ngargoyoso telah menelurkan tujuh kreasi batik laweyan dari penerapan ilmu geometri matematika. “Dari percobaan pertama kami, sudah mendapatkan tujuh motif kreasi batik laweyan,” ujar koordinato tim, Okto. Kreasi motif tersebut berasal dari rumus sumbu x dan y dalam matematika. Harapannya akan ada motif-motif lainnya yang dapat diciptakan dari aplikasi ilmu matematika.

“Jadi ilmu matematika yang dianggap sulit itu langsung dapat terlihat manfaatnya, jadi karya seni juga gini kan, semoga dapat dikembangkan lagi jadi daya tarik bagi para wisatawan, berkesinambungan dengan kampung matematika,” imbuhnya. Dengan adanya inovasi batik dari penerapan ilmu matematika ini, mereka berharap supaya ke depannya akan ada kreasi lainnya lagi, sehingga sektor pariwisata di Kab Karanganyar makin berkembang.

 

 

Source http://jateng.tribunnews.com/ http://jateng.tribunnews.com/2018/09/08/rumus-matematika-jadi-kreasi-batik-laweyan
Comments
Loading...