infobatik.id

Rumah Produksi Batik Tulis  Dewi Ratih 

0 62

Rumah Produksi Batik Tulis  Dewi Ratih

Rumah Produksi Batik Tulis Dewi Ratih berlokasi di Dusun Jantran Rt/Rw 26/05 desa Pilang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Berdiri pada tahun 1996, yang didirikan oleh Alm.Kartowiyardi, yang sekarang dikelola oleh anaknya yang bernama Wartitik. Kerajinan batik yang dimiliki Ibu Wartitik ini mengerjakan batik tulis dan cap manual maupun kombinasi antara cap dan tulis. Usaha ini dikelola oleh keluarga, maka sistem manajemen diatur berdasarkan musyawarah secara kekeluargaan, ibu wartitik sebagai pemimpinnya, rumah produksi ini, mempunyai 6 orang desainer yang sekaligus sebagai tukang celup (pewarnaan) dan 30 pembatik yang berasal dari warga desa pilang dan sekitarnya. Produk yang dihasilkan kebanyakan batik tulis, kira-kira perhari rumah produksi ini melakukan pencelupan sebanyak 200 potong kain, untuk batik cap tidak ditargetkan setiap harinya, Selain bahan pakaian batik, rumah produksi ini juga menghasilkan pakaian jadi antara lain kemeja dan blues.

Bahan yang digunakan dalam produksi batik ini adalah kain yang dibuat dengan menggunakan bahan alami seperti katun dan sutera, tetapi dengan kemajuan teknologi batik juga dapat menggunakan kain-kain berbahan benang sintetis. bahan-bahan lokal dan menghasilkan kain yang bermutu dan sering disebut kain primissima. Kain primisima ini terdapat beberapa merek antara lain Tjap Kreta Kentjana, Tjap Gong, Tjap Tari Koepoe, dan Tjap Tjanting Mas. Pada periode lebih kemudian banyak dipakai juga kain-kain sintetis seperti polyester, polyamide, dan lycra. Pembatikan dengan menggunakan kain sintetis kemudian juga memunculkan teknik dan warna sintetis pula.

Untuk membatik diperlukan bahan penyekat/pembatas media dan warna kain yang dikehendaki yaitu Lilin Batik. lilin-batik, fungsinya untuk mengisi bidang kain yang tidak ingin diwarnai dalam pewarnaan/pencelupan. Bahannya dibuat dari campuran parafin, kote, gondorukem, getah damar, lilin mentah, dan minyak kelapaatau lemak binatang.

Source http://makalahpendidikanseni.blogspot.co.id/ http://makalahpendidikanseni.blogspot.co.id/2015/01/artikel-batik-sragen-jawa-tengah.html
Comments
Loading...