Ritual Khusus Batik Gentongan

0 178

Ritual Khusus Batik Gentongan

Proses pembutan batik pada umumnya dapat diselesaikan dalam waktu sebulan. Sedangkan untuk proses pembuatan Batik Gentongan biasanya membutuhkan waktu 8 bulan. Proses untuk Batik Gentongan relatif lebih lama karena setelah dibatik kain direndam dalam gen­tong dari tanah liat sedikitnya sehari-semalam, paling lama selama 41 hari disertai ritual khusus.

Ritual yang menjadi warisan tradisi yang kuat itu dimaksudkan memunculkan aura kain batik. Bahkan perempuan yang tengah datang bulan tidak boleh melakukan ritual gentongan. “BatikTanjung Bumi siapa pun yang pakai pasti akan tampak memiliki aura, karena ada ritual khusus setiap malam Jumat legi,” kata Toyib salah satu pemi­lik Toko Khatijah di kawasan Bangkalan, sembari menunjukkan kain dengan aura yang muncul selepas ritual perendaman kain batik dalam gen­tong tanah liat.

Adanya ritual khusus dan rumitnya proses pembutan Batik Gentong menjadikan tidak sembarang orang bisa mempelajarinya. Hal itulah kenapa Batik Gentongan merupakan salah satu warisan tradisi masyarakat Tanjung Bumi, khusus­nya di daerah Telaga Biru dan Sereseh. “Sebenarnya Batik Gentongan itu adanya di Telaga Biru bukan di Tanjung Bumi, Tanjung Bumi itu nama kecamatan,” lanjutToyib.

Batik Gentongan juga memiliki nilai eksklusif bagi kalangan masyarakat pribumi. Dulu batik dibuat bukan untuk industri, tapi dipakai sendiri. Dalam upacara pernikahan misalnya, batik gentongan merupakan salah satu mas kawin yang harus di­berikan oleh pengantin laki-laki pada mempelai wanita.

Kain batik itu dibuat khusus oleh si lelaki dan keluarga. Hingga sekarang kebiasaan tersebut tetap berlaku bagi keturunan pribumi. Ini dimak­sudkan untuk meningkatkan kharisma istri yang nantinya akan memakai kain tersebut. Pentingnya kain tersebut menjadikan adanya sanksi sosial jika kemudian ada yang tidak mengi­kuti adat yang sudah turun-temurun. Jika tidak de­mikian bakal menjadi omongan orang kampung.

Source Ritual Khusus Batik Gentongan Batik
Comments
Loading...