Ribuan Perajin Batik Sudah Dilahirkan Marheno Jayanto

0 95

Ribuan Perajin Batik Sudah Dilahirkan Marheno Jayanto

Sebagai seorang pelatih membuat batik, Marheno Jayanto menelurkan ribuan perajin batik di Kota Semarang. Ia juga termasuk yang mengawali penggunaan Motif Batik Ikon Kota Semarang. Bersama istrinya, Zazilah, juga sukses mendirikan Zie Batik. Bapak Marheno bersama istri datang dari Jakarta ke Semarang pada tahun 2004. Saat itu beliau digandeng dan diminta Dekranasda Kota Semarang untuk melatih membatik di daerah Bubakan, Semarang, yang sekarang menjadi Kampung Batik.

Dulu, belum ada sentra batik sehingga mencari pembatik masih sulit. Sehingga fokusnya pada pelatihan untuk memperkuat sumber daya manusianya. Secara bertahap, beliau mulai mengajari beberapa perajin hingga akhirnya bisa. Kurang lebih 4 tahun melatih membatik di daerah itu. Tapi karena beban moral yaitu mendampingi sekitar 20 perajin batik, beliau urungkan niat pulang ke rumah di Jakarta. Bapak Marheno bersama istri putuskan untuk tetap bertahan di Semarang dan melatih para perajin. Setelah di Bubakan, kemudian melatih ke beberapa kecamatan lain di Semarang hingga sekarang. Di antaranya Gunungpati, warga sekitar rumah, dan beberapa tempat lainnya.

Sudah ribuan perajin batik hasil didikan beliau dan istri. Bisa jadi jumlahnya sudah tak terhitung banyaknya. Karena sudah lama sekali menjadi trainer membatik. Itu tidak hanya di Kota Semarang, tapi berbagai wilayah di Indonesia. Di Jawa Tengah ini, perajin yang kami latih tersebar di beberapa kota, di antaranya Kota Semarang, Purworejo, Demak, Grobogan, Kendal, dan lainnya. Beberapa dari kabupaten lain justru datang ke rumah kami untuk belajar membatik.

Diakui atau tidak, Bapak Maherno memunculkan Motif Batik Ikon Kota Semarang yang sampai saat ini banyak dipakai perajin. Di antaranya Lawangsewu, Tugu Muda, Warak Ngendok, dan lainnya. Awalnya, motif ikon itu ditentang banyak pihak karena dianggap motif sembarangan. Bahkan sampai sekarang juga masih ada yang mempersoalkan motif-motif itu. Tapi justru sekarang Motif Ikon Kota Semarang menjadi motif yang banyak dipakai perajin untuk menunjukkan itu Batik Semarangan.

Source http://jateng.tribunnews.com/ http://jateng.tribunnews.com/2017/10/23/ribuan-perajin-batik-sudah-dilahirkan-marheno-jayanto-ini-kisahnya http://jateng.tribunnews.com/tag/perajin
Comments
Loading...