RI Promosikan Batik di Bulgaria

0 119

RI Promosikan Batik di Bulgaria

Bekerja sama dengan Klub Batik di Kota Targovishte, KBRI Sofia mengadakan Pameran dan Workshop Batik di Youth Center Kota Targovishte, pekan lalu.

Batik tulis yang dipamerkan merupakan koleksi Pribadi Dubes RI Sofia yang berumur puluhan tahun, selain itu juga dipamerkan batik karya anak-anak anggota Klub Batik Targovishte. Selain pameran batik juga ditampilkan tarian piring dari Sumatera Barat, yang dipentaskan oleh group binaan KBRI, Pesona Mawar Nusantara.

Pendiri Klub Batik Targovishte, Mrs. Georgieva menyatakan kegembiraannya bahwa acara ini dapat berlangsung menandai 25 tahun lahirnya klub batik dan mengharapkan kerja sama yang telah terjalin terus berlanjut di masa mendatang.

Pada acara tersebut juga diperagakan workshop tata cara membuat batik dengan menggunakan lilin sebagai wax dan cat kain sebagai pewarna yang digunakan oleh anak-anak Klub Batik Targovishte.

Para pengunjung yang terdiri dari wakil walikota Targovishte, para pelajar, guru, tokoh masyarakat setempat mengagumi kain-kain batik yang dipamerkan. Mereka merasa senang dengan adanya pameran ini karena dapat langsung berinteraksi dengan Budaya indonesia yang sangat sulit mereka temui.

Di sela-sela kegiatan pameran, KBRI Sofia juga mengadakan kunjungan ke sekolah 2 Prof. Nikola Marinov yang merupakan sekolah terbesar di kawasan Targovishte dengan 1200 siswa. Keistimewaan sekolah tersebut adalah untuk kelas 9-12 ada penjurusan khusus di bidang seni, musik, tari. Dalam pertemuan dengan Kepala Sekolah dibahas kemungkinan kerjasama secara lebih intensif di masa mendatang. Dalam acara kunjungan ini juga diadakan pameran foto mengenai Indonesia dan pertunjukan tari nusantara.​​

Source www.nusakini.co http://www.nusakini.com/media/public/news/ri-promosikan-batik-di-bulgaria
Comments
Loading...