infobatik.id

Resep Pewarnaan Batik Dengan Naphtol

0 96

Resep Pewarnaan Batik Dengan Naphtol

Zat pewarna dengan nama napthol merupakan zat pewarna yang memiliki sifat sebagai zat pewarna yang tidak mudah larut dalam air. Untuk dapat melarutkannya, diperlukan sebuah zat yang dapat membantu proses pelarutannya. Zat ini dikenal dengan nama zat kostik soda. Naphtol mempunyai fungsi sebagai sebuah warna yang menjadi dasar yang akan dibangkitkan warnanya oleh garam warna atau bisa juga menggunakan garam yang bernama garam diazo.

Larutan naphtol ASG kemudian dimasukkan ke dalam ember lalu kemudian ditambahkan air sebanyak dua liter sambil diaduk. Sementara itu, larutan garam diazo black B dimasukkan ke dalam ember yang berbeda lalu tambahkan air sebanyak dua liter sambil diaduk. Setelah larutan naphtol dan garam diazo siap, kain kemudian dicelupkan ke dalam dua larutan tersebut. Proses pencelupannya adalah sebagai berikut. Pertama kain akan dicelupkan ke dalam larutan naphtol ASG dan kemudian ditekan-tekan dan dbolak-balik sampai rata lalu kemudian ditiriskan.

Proses selanjutnya adalah kain batik tersebut aka dicelupkan ke larutan garam diazo black B dengan cara ditekan-tekan da kemudian dibolak balik hingga rata dan kemudian selanjutnya akan ditiriskan. Pada proses ini akan timbul warna. Pencelupan kain ke dalam dua larutan tersebut diulangi dua sampai tiga kali hingga diperoleh warna dasar yang pekat dan juga merata. Selanjutnya kain dicuci dengan air bersih jangan dikucek karena aka merusak lilin malam. Kemudian, kain ditiriskan dan dikeringkan dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh.

Proses yang dilakukan dalam pembuatan batik adalah hal yang merupakan pokok dari pembuatan batik itu sendiri seperti pemberian warna yang berulang-ulang ini pada akhirnya akan memberikan warna yang jauh lebih baik dan juga warna yang lebih awet. Batik untuk dapat mengawetkan warnya dengan baik harus dilakukan perawatan dengan cara khusus, dan pembersihannya juga melalu cairan khusus untuk mencuci batik.

Source Resep Pewarnaan Batik Dengan Naphtol Batik
Comments
Loading...