Realisasi Kampung Batik di Sampang Terkendala Dana

0 106

Realisasi Kampung Batik di Sampang Terkendala Dana

Pembangunan kampung batik yang akan dilakukan di Kabupaten Sampang sampai saat ini belum dapat terealisasi juga karena terkendala dalam masalah dana. Kabid Pengembangan Usaha Kecil Menengah pada Dinas Koperasi dan UKM Sampang Mada Ningsih mengatakan rencana awalnya, tahun ini ada pembangunan kampung batik sebagai sentra pemasaran batik tulis hasil kerajinan perajin Batik Sampang.

Kampung batik sebagai pusat penjualan batik tulis warga Sampang itu, rencananya hendak dibangun di sepanjang jalan protokol di kota itu dengan tujuan agar batik khas Sampang bisa diketahui warga luar Madura yang hendak melintas di Kota Sampang. Akan tetapi, karena pemkab terkendala anggaran, maka usulan anggaran yang disampaikan dinas ke panitia dan tim anggaran Pemkab Sampang tidak disetujui. Kampung batik di Kota Sampang itu hendak dibangun di Jalan Rajawali.

Karena lokasi itu dinilai sangat strategis sebagai perlintasan jalan raya penghubungan Kabupaten Bangkalan dan Pamekasan. Batik Khas Sampang Di Kabupaten Sampang ini, ada dua motif batik yang telah memiliki hak paten dari Direktorat Jendral Hak Kekayaan Inetelektual, yakni Gelar Karunia Jagat dan Trunojoyo.

Menurut Pejabat Penyuluh Perindustrian pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) Sampang Moh Irwan Ferdiawan, kedua jenis motif batik itu, memang murni hasil kreasi perajin Batik Sampang. Selain kedua motif itu, jenis motif lain yang juga merupakan hasil kerajinan warga Sampang ialah Motif Batik Jambu Air, dan Jambu Mente.

Source Realisasi Kampung Batik di Sampang Terkendala Dana Batik
Comments
Loading...