Rawat batik kesayangan agar tetap awet dengan cara ini

0 88

Batik merupakan warisan wastra yang patut dilestarikan. Sejak kemunculan pertamanya hingga kini, batik terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman hingga bisa selalu diterima dari masa ke masa.

Kini, batik tak hanya memberikan kesan kuno pada tampilannya. Namun, kreasi para pengrajin batik sukses membawanya kian lebih modern dan seru tanpa meninggalkan esensi awal dari batik itu sendiri.

Dalam keseharian, batik bukan lagi digunakan pada moment tertentu saja. Namun kini, banyak juga yang menggunakan batik untuk menemani aktivitas sehari-hari yang menunjang penampilan.

Dengan kemunculan batik yang semakin beragam sukses menjadikan para perempuan memiliki sebuah hobi baru yaitu dengan mengkoleksi produk-produk berbahan batik. Tapi, jangan sampai koleksimu tersebut terpaksa rusak akibat tak mengetahui dengan pasti cara perawatannya. Sahabat FIMELA, simak cara-cara perawatan kain dan pakaian batik, agar kondisinya senantiasa prima. 

Cara tepat mewarawat batik :

1. Hindari mencuci dengan mesin

Aturan ini merupakan hal yang wajib untuk dipatuhi. Walaupun mencuci dengan mesin terasa lebih praktis untuk dilakukan, namun sangat tidak dianjurkan untuk mencuci batik. Cara yang tepat untuk mencuci batik adalah dengan memakai tangan sehingga tidak merusak serat dan warna pada kain tersebut.

2. Pisahkan dengan pakaian lain

Saat mencuci batik sebaiknya dipisahkan dengan pakaian lainnya. Hal ini disebabkan oleh rentannya kain batik mengalami kelunturan pada warnanya. Jangan sampai luruhnya warna pada kain jadi mencemari busana lainnya. Oleh sebab itu, selalu cuci kain batik terpisah dengan pakaian lainnya.

3. Rendam dengan air hangat

Cara ini efektif untuk membuka pori-pori pada serat kain sehingga membantu untuk mengangkat kotoran yang membandel pada kain tersebut, Dengan cara ini, maka akan membantu untuk menghilangkan noda membandel pada kain batik kesanyangan.

 

Cara tepat mewarawat batik :

Hindari penggunaan detergen

Walaupun detergen sukses menciptakan busa berlebih pada kain, namun ternyata ini tak baik digunakan untuk kain batik. Formula detergen yang keras dapat mengikis warna kain yang menjadikan warna dan motifnya memudar. Sebagai alternatif, gunakan sabun khusus untuk batik atau bisa juga mengaplikasikan sampo atau sabun mandi untuk mencuci batik kesanyangan.

Jemur di tempat teduh

Pastikan untuk menjemur pakaian batik di tempat yang teduh. Cara ini efektif untuk menjaga kualitas warna batik agar tidak cepat pudar dan tampak selalu prima. Dengan cara di atas, maka koleksi batik favorit akan senantiasa terjaga.

Source https://www.fimela.com https://www.fimela.com/fashion-style/read/3656346/rawat-batik-kesayangan-agar-tetap-awet-dengan-cara-ini
Comments
Loading...