Ratusan Siswa Membatik 1.001 Cerita di Semarang

0 16

Ratusan Siswa Membatik 1.001 Cerita di Semarang

568 siswa SD dan SMA membatik dengan canting dalam 1001 Cerita Batik di Swalayan Aneka Jaya Sambiroto Semarang, Minggu.

Ratusan siswa tersebut membatik di atas sapu tangan dengan motif yang berbeda satu sama lainnya. Motif-motif yang dipilih merupakan kreasi dari beragam ciri khas Kota Semarang.

Menurut instruktur batik dari Kreanusa Monica Suprihatin, acara ini sebagai wujud kegiatan 1001 Cerita Batik menjadi impian.

“1001 cerita batik ini inspirasi saya untuk menciptakan corak batik yang beragam. Seni itu harus berkembang, untuk itu kami dari Kreanusa ingin seni batik Semarang berkembang dengan kekayaan corak kreasinya,” ungkap Monica.

Kreanusa mengangkat motif-motif batik meliputi tugu muda, pohon asem khas Semarangan, warak dengan ragam kreasinya maupun corak nuansa Semarangan lainnya. Motif-motif tersebut dirangkai menjadi sebuah cerita khas Semarang.

“Perajin batik kita saat ini didominasi generasi tua, sehingga perlu regenerasi agar ke depan batik bisa lestari. Untuk menarik minat muda dalam membatik tentu perlu terobosan baru dalam mengkreasi, salah satunya corak yang kreatif dan inovatif,” pungkasnya.

Source https://daerah.sindonews.com https://daerah.sindonews.com/read/1052312/22/ratusan-siswa-membatik-1001-cerita-di-semarang-1444615212
Comments
Loading...