Ratusan Murid SD Membatik dan Melukis

0 40

Ratusan Murid SD Membatik dan Melukis

Sebanyak 200 murid SD Mardi Waluya membatik kain dan 720 murid melukis mewarnai dengan jari (finger paint). Mereka berkreasi terkait perayaan Raden Ajeng Kartini.

“Seluruh kreasi murid kami ini sebagai awal kecintaan terhadap budaya Indonesia, yang akhir-akhir ini tergerus arus globalisasi budaya barat,” kata kepala sekolahnya. Yustinus Supriyono, didampingi manajer penerbit Erlangga perwakilan Bogor, Nurul Laiq, selaku donatur acara itu.

Peringatan kelahiran RA Kartini, menurutnya, sebenarnyai cuma momentum membangkitkan kebanggaan sekaligus rasa memiliki budaya. Apalagi, katanya, banyak hasil budaya Indonesia diakui negara lain.

“Dasar keprihatinan itu pulalah acara membatik massal dan melukis dengan jari digelar, yang akan dibuat rutin tiap tahun,” tambah Clementine, ketua perwakilan yayasan Mardi Waluya.

Dikatakannya, kecintaan terhadap budaya bangsa terus digalakkan kepada seluruh siswa dan para guru dengan berbagai cara. Membatik dan finger painting menjadi salah satu menumbuhkan rasa memiliki.

“Hal itu kita mulai sejak usia dini, dari lingkup kecil, serta dimulai dari diri sendiri, menjadi pedoman kami,” ujar pengelola sekolah dengan 2000-an murid TK dan SD itu.

Di panggung terlihat belasan siswa berbusana adat bergiliran melenggang-lenggok di catwalk, seperti layaknya peragawati. Juga seorang siswi kelas dua SD mengiringi tampilan temannya yang menyanyi. Serta beberapa muri asyik menyelesaikan lukisan-lukisan batik di atas kain.

Source http://poskotanews.com http://poskotanews.com/2015/04/17/ratusan-murid-sd-membatik-dan-melukis/
Comments
Loading...