Ratusan Motif Batik Cirebon Belum Dipatenkan

0 72

Ratusan Motif Batik Cirebon Belum Dipatenkan

Ada ratusan motif batik yang berasal dari Kota Cirebon sampai saat ini belum memiliki hak paten. Sejauh ini baru sekitar 100 motif dari lebih 500 motif batik Cirebon yang sudah memiliki hak paten. Selebihnya, masih menunggu untuk dipatenkan atau diakui hak ciptanya oleh pemerintah. Salah seorang tokoh batik Cirebon, H. Katura mengungkapkan,  saat ini hanya 100 motif batik khas Trusmi Kab Cirebon yang memiliki hak paten.

Katura berharap pemerintah daerah segera bergerak cepat dengan mendaftarkan hak paten batik Cirebon sebelum keduluan diklaim oleh negara lain. Melihat banyaknya kebudayaan-kebudayan Indonesia khususnya batik yang diklaim oleh Malaysia, ia berharap pemerintah secara bertahap terus mendata motif-motif batik baru agar segera didaftarkan hak atas kekayaan intelektualnya. Perajin Trusmi sangat produktif menciptakan motif baru, sehingga upaya paten harus secepat mungkin dilakukan. Hak paten terhadap kekayaan budaya adalah kewajiban pemerintah daerah, sebab tidak mungkin pengajuan hak paten dilakukan individu perajin batik Trusmi.

Saat ini perajin batik asal Trusmi tengah berupaya mengajukan kembali sebanyak 400 motif batik asli Trusmi untuk segera dipatenkan. Motif-motif batik tersebut lahir dari kreativitas perajin batik, sehingga setiap saat jumlahnya terus bertambah dan sangat sulit untuk mendata keberadaan setiap motif batik. Sementara itu Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah III Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Ano Sutrisno, M.M. meminta kepala daerah di wilayah Cirebon harus mulai aktif mendata kekayaan seni dan budaya serta kuliner khasnya.

Source http://www.pikiran-rakyat.com/ http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2009/09/03/96297/ratusan-motif-batik-cirebon-belum-dipatenkan
Comments
Loading...