Ramli, Desainer Baju Batik Indonesia yang Telah Mendunia

0 34

Ramli, Desainer Baju Batik Indonesia yang Telah Mendunia

Popularitas batik semakin meningkat dari tahun ke tahun. Memakai baju batik Indonesia tidak lagi harus pada saat acara resmi saja. Dulunya, identitas batik memang melekat dengan hal-hal ‘kuno’ dan ketinggalan jaman. Tetapi seiring dengan meningkatnya popularitas batik, pandangan tersebut pun mulai hilang. Terima kasih kepada mereka yang mempopulerkan baju batik Indonesia dan menjadikannya sebuah tren fashion. Ini tentunya tidak lepas dari peran para perancang lokal yang melalui ‘tangan dingin’ mereka berhasil membawa baju batik Indonesia merambah hingga dunia fashion internasional. Salah satunya adalah Ramli.

Ramli

Perancang kelahiran 1 November 1954 ini memiliki perhatian khusus terhadap kain tradisional, salah satunya baju batik Indonesia. Minat pertamanya pada dunia fashion bermula pada bordir. Berkat Ramli, bordir yang sebelumnya dipandang sangat lokal dan cenderung ‘kampung’ bisa menjadi sebuah karya yang kemudian dipakai dan dinikmati masyarakat level menengah atas. Ia menggunakan banyak bordir dan sulaman yang kemudian menjadi kekuatan rancangannya.
Perancang yang wafat pada tahun 2013 itu mulai menggebrak baju batik Indonesia dengan jaket batik beritsleting, bolero batik dan gaun pesta. Di saat kain tersebut hanya dipakai sebatas untuk kain kebaya, Ramli justru memiliki keberanian untuk memberikan sentuhan modern dan global dalam rancangan batiknya. Selain baju pesta dan kebaya, karya Ramli juga hadir dalam bentuk pakaian kasual, busana kantor, tunik, hingga gamis.
Source https://www.dbs.com/ https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-awesome/desainer-baju-batik-indonesia-yang-telah-mendunia.page
Comments
Loading...