Ramaikan Hari Batik Nasional dengan Batik Asli dari Alam

0 199

Ramaikan Hari Batik Nasional dengan Batik Asli dari Alam

Sebagai kain tradisional Indonesia, batik sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak beberapa waktu yang lalu. Salah satu contohnya adalah hadirnya Batik Indigo. Mungkin nama Batik Indigo telah familiar di telinga Anda, atau bahkan Anda telah memiliki salah satu produknya.

Batik Indigo adalah batik yang menggunakan 100% pewarna alami, yaitu dari tanaman Indigofera Tinctoria. Tanaman inilah yang menghasilkan warna biru menarik, yang kemudian diaplikasikan pada pakaian pria dan wanita. Jika melihat sejarahnya lebih dalam lagi, Indigo juga dikenal sebagai warna para raja, karena merupakan salah satu warna alami yang tertua. Selain itu, pada zaman dahulu warna biru nila juga dipercaya untuk menunjukkan kekuasaan, kepemimpinan, kesetiaan, dan kebijaksanaan seorang raja atau kaisar. Berbeda dengan bahan kimia lainnya, Indigo juga membuat warna pada kain batik bertahan lebih lama dan lebih baik dari paparan sinar matahari. Tentu saja, untuk mendapatkan kain batik Indigo, membutuhkan biaya yang lebih mahal, karena mulai dari bahan sampai pengolahannya jauh lebih sulit daripada kain batik dengan pewarna sintesis.

Dengan memakai batik dengan menggunakan warna alam pada saat Hari Batik Nasional akan menambah keindahan batik asli Indonesia. Batik dengan menggunakan warna alam proses pembuatannya tidak akan mencemari lingkungan dan sekarang para perajin batik sudah jarang menggunakan warna alam karena untuk membuat pewarnaannya membutuhkan waktu yang sangat lama dan terbatasnya ketersediaanya bahan.

Source http://www.liputan6.com/ http://lifestyle.liputan6.com/read/2615725/ramaikan-hari-batik-nasional-dengan-batik-asli-dari-alam http://www.liputan6.com/tag/batik
Comments
Loading...