Ragam Motif Batik Jombang

0 945

Ragam Motif Batik Jombang

Batik Jombang adalah salah satu batik yang memiliki ciri khas dan juga perbedaan dengan motif batik yang ada di daerah lain. Motif daerah ini sangat khas dalam hal motif dan juga warna. Motif yang kerap dipakai sebagai bentuk dan pola pada permukaan kain batik adalah gambar dari budaya lokal dan juga kesenian dari daerah Jombang. Berbagai macam kekayaan dan juga warisan budaya dari nenek moyang masyarakat Jombang saat ini dapat kita jumpai dalam bentuk motif baju batik.

Motif batik dari Jombang pada umumnya menggunakan bentuk ukiran segitiga dengan bagian yang berbentuk lancip pada bagian bawahnya. Motif batik yang seperti ini menurut cerita merupakan motif batik yang mendapatkan pengaruh dari sebuah relief pada Candi Arimbi. Motif batik daerah Jombang ada yang mendapatkan inspirasi dari beberapa bentuk yang ditemui di candi ini antara lain adalah bentuk ukiran rumit yang menyerupai bentuk wajik, kemudian bentuk kotak, bentuk bulat dan juga bentuk garis. Motif Batik Jombang memiliki ciri yang bentuknya simetris kiri dan juga simetris kanan.

Motif batik yang cukup berkembang di daerah Jombang ini ada yang bernama motif batik tawang dan juga motif batik kaning yang menggunakan warna dasar yang pada umumnya menggunakan warna hijau dan juga warna merah. Selain itu daerah Jombang juga terkenal dengan motif Batik Ringin Contong. Motif batik ini adalah motif batik yang diambil dari bentuk ringin yang terletak di pusat kota Jombang. Selain itu ada juga Motif Batik Tapak Lima. Motif batik ini merupakan motif yang bentuknya berasal dari tanaman kebun yang banyak dapat ditemui di berbagai wilayah Kota Jombang dan tanaman ini tumbuh dengan subur.

Source https://buatblogbibol.wordpress.com/ https://buatblogbibol.wordpress.com/2015/08/27/ragam-motif-batik-jombang/ http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...