Ragam Motif Batik Banyumas

0 2.883

Ragam Motif Batik Banyumas

Motif Batik Banyumasan memiliki bentuk dan pola batik yang sangat khas dengan memperlihatkan ciri batik sebagai motif batik yang berasal dari daerah pedalaman. Motif batik ini umumnya menggunakan bentuk tumbuhan dan juga menggunakan motif hewan yang menggambarkan lingkungan dari daerah banyumas ini. Selain itu motif yang memperlihatkan bentuk gunung dan juga hewan adalah salah satu bentuk dari motif batik yang dipakai oleh seniman batik di wilayah ini. Dalam pemilihan warna yang dipakai oleh para seniman di daerah ini juga banyak menggunakan warna batik yang cenderung tua atau warna dengan jenis gelap. Motif batik yang dibentuk oleh para seniman batik di wilayah ini memiliki bentuk yang lugas dan juga tegas yang sangat mencerminkan karakter dari penduduk Kabupaten Banyumas yang bersifat apa adanya.

Ciri khas batik dari Banyumas adalah dengan Motif Batik Jonasan. Motif Batik Jonasan adalah motif batik yang merupakan kelompok dengan bentuk motif non geometrik dan menggunakan warna yang dipenuhi dengan warna coklat dan juga warna hitam. Bentuk motif dan warna yang unik dari Batik Banyumasan membuat motif batik daerah ini menjadi sangat unik dan berbeda. Seniman batik di daerah ini terkenal dengan jenis batik yang dikenal dengan motif batik yang memiliki nilai kebebasan dan juga sangat menjunjung tinggi demokrasi dan juga nilai nilai kerakyatan. Nilai inilah yang kemudian menjadi dasar dari berbagai motif batik khas daerah ini seperti Motif Batik Sekarsurya, Motif Batik Sidoluhung, Motif Batik Jahe Puger, Motif Batik Cempaka Mulya dan masih banyak lagi motif batik lainnya.

Motif batik di daerah ini memiliki bentuk unik lainnya yaitu pada proses pembuatan kain batik ini para seniman batik menggunakan teknik batik tulis pada dua sisi dari kain batik tersebut. Proses pemberian batik pada kedua sisi kain ini menjadi lambang bagi sifat masyarakat Banyumas yang sangat jujur dan juga baik dari luar dan juga baik dari dalam dan selalu berbicara apa adanya. Motif batik yang dibuat di daerah Banyumas menggunakan teknik batik tulis dan juga teknik batik cap yang ditujukan untuk membuat proses pembuatan motif batik Banyumas ini menjadi lebih cepat dan dapat dijual dengan harga yang relatif lebih murah dari harga batik tulis.

Source Ragam Motif Batik Banyumas Batik
Comments
Loading...