Ragam Motif Batik Bakaran

0 215

Ragam Motif Batik Bakaran

Batik Bakaran merupakan motif batik yang berasal dari daerah Pati. Batik ini bila diperhatikan dari segi warna akan terlihat ciri yang dimilikinya yaitu dominan menggunakan warna hitam dan juga warna coklat. Untuk motif batik yang muncul pada permukaan kain ini adalah Motif Batik Tengahan dan juga motif batik yang berasal dari wilayah pesisir. Motif batik ini menggunakan aliran tengahan karena pada sejarahnya, batik ini masuk ke daerah Pati dibawa oleh kalangan kerajaan Majapahit yang hendak bersembunyi dari serangan kerajaan lain.

Motif Tengahan dapat terlihat pada Motif Batik Padas Gempal, Motif Gringsing, Motif Bregat Ireng, Motif Sido Mukti, dan juga Motif Sido Rukun selain itu masih banyak lagi motif baju batik lainnya yang memperlihatkan Motif Batik Tengahan. Batik Bakaran ini juga sangat kuat mendapatkan pengaruh dari budaya batik pesisir karena letak geografis wilayah ini yang memang terletak di daerah pinggiran pantai pulau Jawa.

Motif yang memperlihatkan motif daerah pesisir diantaranya adalah Motif Batik Tulis Blebak Urang, dan juga Motif Batik Loek Chan. Batik daerah ini memiliki perbedaan dengan batik pesisir lainnya baik dalam hal motif, ragam hias dan juga warna yang dipakai oleh para seniman batiknya. Selain itu Motif Batik Bakaran ini pada umumnya memiliki makna yang ada dalam motif batik yang mereka buat.

Source Ragam Motif Batik Bakaran Batik
Comments
Loading...