Ragam Kain Untuk Membatik: Kain katun primissima dan polisima

0 44

Ragam Kain Untuk Membatik: Kain katun primissima dan polisima

Batik memang sudah sangat universal, kemajuan batik bisa dibilang sangat cepat berkat usaha yang tidak pernah berhenti dari semua orang yang perduli akan kelestarian batik. Tidak heran jika sekarang kita tidak lagi merasa aneh atau sekedar menengok heran saat melihat orang mengenakan batik. Bahkan dunia pun sekarang mengakui batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang patut untuk dibanggakan.

Batik telah dikenakan oleh semua kalangan, dari rakyat jelata hingga Presiden, bukan hanya di Indonesia, Presiden Barack Obama dan istri juga Pernah mengenakan batik di beberapa acara kenegaraan. Begitu juga dengan presiden Negara-negara lain dan pejabat pemerintahannya. Sepatutnya kita bangga memiliki Batik sebagai Warisan budaya kita. 

Tahukah anda bahwa batik tidak bias diaplikasikan pada sembarang jenis kain ?? sama halnya dengan kebanyakan kain tradisional Indonesia yang lain, yang pada umumnya hanya menggunakan material khusus untuk bahan pembuatannya. Nah sekarang saya akan memberikan sedikit pengetahuan berkaitan dengan material atau kain  yang biasa digunakan untuk batik.

Jenis kain yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kain batik seperti kain katun primissima dan polisima. Katun primissima atau sering juga disebut kain primis kualitasnya lebih bagus daripada katun prima sedangkan katun polisima dianggap sebagai kain katun terbaik. Kain katun primissima umumnya lebih tebal dengan serat lebih besar dibanding katun prima. Yang paling banyak dipakai sebagai bahan pembuatan batik tulis adalah kain katun primis. Kain batik dengan bahan dasar katun primis umumnya harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan dasar katun lainnya.

Source https://pekalonganarts.wordpress.com/ https://pekalonganarts.wordpress.com/2013/04/22/ragam-kain-untuk-membatik/
Comments
Loading...