Ragam Hias Non-Geometris

0 2.657

Ragam Hias Non-Geometris

Pola non-geometris merupakan pola dengan polanya tidak dapat diukur secara pasti meskipun dalam bidang luas dapat terjadi pengulangan seluruh motif. Pola yang termasuk keadalam golongan pola non geometris yaitu :

a. Motif Semen

Ragam hias utama yang merupakan ciri Motif Semen adalah meru, suatu gubahan menyerupai gunung. Meru berasal dari nama gunung mahameru. Hakekat meru adalah lambang gunung atau tempat tumbuh-tumbuhan bertunas ( Jawa : semi ) hingga motif ini disebut semen. Semen berasal dari kata dasar semi. Ragam hias utama semen adalah Garuda, Sawat, Lar maupun Mirong. Contoh Motif Semen adalah Semen Jolen dan Semen Gurdha.

 

 

 

 

b. Motif Lung-lungan

Sebagian besar Motif Lung-Lungan mempunyai ragam hias serupa dengan motif semen. Berbeda dengan motif semen, ragam hias motif lung-lungan tidak selalu lengkap dan tidak mengandung ragam hias meru. Motif Lung-Lungan diantaranya adalah Grageh waluh, Babon Angrem.

 

 

 

c. Motif Buketan

Motif Buketan mudah dikenali lewat rangkaian bunga atau kelopak bunga dengan kupu-kupu, burung atau berbagai satwa kecil yang mengelilinginya. Berbagai unsur tersebut tampil sebagai satu susunan yang membentuk satu kesatuan motif.

 

 

 

d. Motif Pinggiran

Motif Pinggiran merupakan unsur hiasannya terdiri atas ragam hias yang biasa digunakan untuk ”hiasan pinggir” atau ”hiasan pembatas” antara bidang yang memiliki hiasan dan bidang kosong pada dodot, kemben dan udheg.

e. Motif Dinamis

Motif Dinamis adalah motif-motif yang masih dapat dibedakan menjadi unsur-unsur motif, tetapi ornamen didalamnya tidak lagi berupa ornamen-ornamen tradisional, motif ini merupakan peralihan Motif Batik Klasik dan Modern.

Source Ragam Hias Non-Geometris Batik
Comments
Loading...